Monster di Sekitar dan dalam Diri Kita

Ada monster di sekitar kita. Ada monster dalam diri kita. Monster adalah makhluk perkasa yang tidak memiliki bakat apa pun kecuali menghancurkan sesuatu yang ada di sekitarnya.

Manusia bisa menjadi monster karena dua sebab. Pertama, ia memiliki tubuh perkasa namun tak punya pengetahuan untuk mengendalikannya. Kedua, ia memiliki kecerdasan, pengetahuan, dan hal lain semacamnya, namun minus kebijaksanaan ketika menggunakannya.

Bagi manusia monster, sesuatu diidentifikasi dengan sangat sederhana: dirinya dan bukan dirinya. Jika itu dirinya, ia patut dijaga dan dipelihara. Jika itu bukan dirinya, ia patut dihancurkan hingga hilang rupa.

Monster jenis pertama barangkali pernah ada pada suatu ketika. Namun kini, barangkali kian berkurang jumlahnya.

Yang terus bertambah populasinya, barangkali, adalah manusia monster jenis kedua. Dengan pengetahuannya, monster ini siap menghancurkan apa pun: karya, gagasan, dan keputusan orang lain.

Sebagaimana monster yang tercitra dalam serIal anak Ultraman yang tak peduli bahwa gedung dan pepohonan berharga, manusia monster jenis kedua juga tidak peduli bahwa pendapat orang lain juga ada benarnya.

Baginya, sejauh ia bisa hancurkan, dia akan hancurkan. dengan begitu ia berbahagia karena merasa begitu kuatnya.

Monster keluar masuk grup diskusi
Monster eksis dalam perbincangan sehari-hari
Monster berulah dengan tumpukan teori
Monster merasa benar sendiri

Ada monster di sekitar kita. Ada monster dalam diri kita.

Rahmat Petuguran
Gambar: di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.