Moms Tahukah Memberikan Air Putih Pada Anak Dibawah Satu Tahun Itu Berbahaya?

Selain penggunaan sabun botol susu anak dibawah satu tahun dan pencuci foodgrade untuk alat makannya, tahukah moms bahwa banyak sekali hal yang perlu moms ketahui selain itu? Banyak moms yang memberikan air putih untuk minum anak dibawah satu tahun. Padahal sebenarnya hal itu perlu dihindari karena bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti:

Kerusakan ginjal pada buah hati anda. Pada anak dibawah satu tahun berusia kurang dari 6 bulan, semua organnya belum berfungsi seperti anak yang lebih besar atau orang dewasa. Organ yang langsung berhubungan dengan metabolism cairan adalah ginjal, sehingga jika anak dibawah satu tahun diberi banya air putih, maka ginjal yang belum siap menyaring cairan selain ASI bisa rusak. Ginjal anak dibawah satu tahun belum mampu mengeluarkan air dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan timbunan air dalam tubuh yang dapat membahayakan anak dibawah satu tahun.

Sebenarnya, kandungan air dalam susu formula dan ASI mengandung cukup air untuk, bahkan di tempat yang panas, iklim kering. Komposisi air dan dalam ASI sebenarnya sudah lebih dari cukup, saat mencampur susu formula, kandungan air akan mencukupi kebutuhan anak dibawah satu tahun bila digunakan sesuai takaran yang dianjurkan. Demikian juga dalam ASI sudah terdapat sekitar 88% air, sehingga kalaupun orangtua tetap memberi air putih sebiknya hanya seteguk atau dalam beberapa sendok saja.

Selain keracunan air, memberikan air putih setiap kali anak dibawah satu tahun menangis adalah salah. Anak dibawah satu tahun yang menangis tidak selalu berarti lapar. Bisa saja ia BAK (Buang Air Kecil), BAB (Buang Air Besar), kurang nyaman, sakit atau lainnya.

Anak dibawah satu tahun yang diberikan air setiap ia menangis akan menjadi kenyang sehingga keinginan anak dibawah satu tahun untuk menyusu akan menurun, akibatnya asupan gizi dalam tubuhnya menurun pula. Di bulan-bulan awal kelahirannya, nutrisi anak dibawah satu tahun sudah bisa terpenuhi hanya dengan pemberian ASI.

image credit: mirror.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.