MNCnews Sambut Hangat Kunjungan Mahasiswa Unnes

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang salah satu tujuannya adalah kantor pusat MNCnews yang terletak di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kunjungan peserta KKL yang dilaksanakan pada hari Rabu (17/9/2014) di Wisma MNC Tower tersebut mendapat sambutan hangat dari pihak MNCnews.

Dengan didampingi oleh dua orang dosen pendamping Sumartini dan Nas Haryati Setyaningsih, para mahasiswa diajak berkeliling oleh beberapa kru MNCnews di kantor MNC Tower yang menjadi pusat dari PT MNC seluruh Indonesia. Sebelum berkeliling, mereka mendapat pengarahan serta sambutan dari salah satu perwakilan MNCnews.

Para peserta KKL yang kali itu berseragam jas kuning diajak menyambangi setiap bagian kantor jurnalis mulai dari MNC TV hingga Global TV. Koko Wijanarko, pemandu peserta KKL menjabat sebagai Manajer Penelitian dan Pengembangan Media di Global TV.menunjukkan beberapa ruangan yang difungsikan sebagai tempat pengolahan berita dari berita mentah hingga dapat dinikmati oleh para pemirsa di penjuru Indonesia dan mancanegara. Mereka juga diberi pengetahuan tentang penyajian berita yang baik disesuaikan dengan sasaran pemirsa.

“Sasaran pemirsa di masing-masing televisi yang ada dalam naungan MNC group berbeda. RCTI yang memiliki sasaran pemirsa dalam kategori ABC atau masyarakat yang masuk ke dalam tingkat sosial menengah ke atas akan banyak disuguhi berita-berita seputar politik. MNC TV yang sasaran pemirsanya masuk dalam kategori CDE atau bertingkat social menengah ke bawah lebih banyak disajikan dengan berita-berita ekonomi, kriminal dan berita lain yang cenderung ringan. Sedangkan Global TV menayangkan segala jenis berita karena sasaran pemirsanya adalah untuk semua tingkat sosial.” Terang Koko panjang lebar.
“Tetapi semua stasiun televisi itu tetap memiliki prinsip yang sama yaitu menyajikan berita yang terkini, akurat, dan berimbang,” lanjut Koko lalu mengajak peserta KKL berkeliling ruangan lain yang di dalam gedung tersebut.

“Yang ini control room,” kata Koko sambil menunjukkan sebuah ruangan kaca yang penuh dengan peralatan elektronik, “di ruangan ini para kru bekerja mengatur tampilan berita di layar kaca, seperti membuat tulisan keterangan di bagian bawah berita, termasuk nanti kru juga mengatur teleporter yang letaknya di bawah kamera gunanya untuk dibaca oleh pembaca berita,”

Seluruh peserta KKL yang hadir juga mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah studio berita infotaiment di Global TV yaitu studio Obsesi. Sayangnya, waktu kunjungan KKL tidak bersamaan dengan jadwal penayangan Obsesi sehingga mereka tidak dapat menyaksikan secara langsung acara yang dibawakan oleh Kristi Jusung dan Ruben Onsu tersebut.

“Kalian datang ke sininya telat, coba tadi satu jam lebih awal, pasti masih bisa ketemu Ruben Onsu sama Kristi Jususng. Siapa tahu bisa foto bareng.” Kata Koko Wijanarko sembari bercanda dengan peserta KKL.

Setelah berkeliling di kantor MNCnews, para peserta dan beberapa perwakilan karyawan MNCnews melakukan acara pelepasan. Para peserta beserta dosen pendamping berkumpul di halaman kantor MNCnews. Koko Wijanarko selaku perwakilan dari MNCnews menyampaikan rasa antusiasnya dapat menerima kunjungan dari para mahasiswa Unnes.

“Kami sangat senang mendapat kunjungan dari Unnes. Kami berharap beberapa tahun lagi ada mahasiswa Unnes yang bisa bergabung dengan kami di MNCnews,” kata Koko yang diaminkan oleh semua peserta KKL.

Dosen pendamping KKL, Sumartini juga memberikan prakata yang diantaranya adalah menyampaikan rasa terima kasih sudah disambut dengan baik oleh pihak MNCnews, “Ini adalah kali pertama kami mengunjungi kantor MNCnews. Semoga ini dapat menjadi awal kerjasama yang baik untuk KKL tahun berikutnya.”

Kunjungan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari perwakilan mahasiswa Unnes kepada MNCnews yang diwakili oleh Tommy dan Koko Wijanarko. Seluruh peserta KKL berfoto bersama dan bersalaman dengan beberapa karyawan MNCnesw yang ikut berkumpul di halaman tengah MNCnews. Destriya Rizky Hildawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.