Menikmati Keindahan Kota Batu

Rasa penat usai menjelajah segara wedi dan mendaki puncak Bromo sedikit berkurang setelah mengguyur tubuh dengan air segar di Bromo Green Wisata. Disusul sepiring sarapan pagi yang segera saja berpindah tempat masuk ke rongga perut yang lapar. Sementara di luar matahari  sudah beranjak tinggi. Briefing singkat antarkoordinator bus diperlukan untuk melanjutkan perjalanan ke Batu Malang. Objek kali ini adalah Jatim Park 2 dan Batu Night Spectacular.

Dua tempat ini memang sangat diminati wisawatan yang plesir  di Kota Batu, Malang. Jatim Park 2 dikemas pengelola dengan konsep edukasi, fun dan eksotime alam. Sedangkan  Batu Night Spectacular (BNS),  sebagaimana namanya, merupakan tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi saat malam tiba. Di objek ini terdapat banyak wahana dengan lampu-lampu yang tertata dengan indah, slalom tes, sepeda udara tertinggi, trampolin, drag race, dan mouse coaster, Cinema 4D   adalah beberapa wahana yang dapat dinikmati di BNS.

Jatim Park 2 

Selain Jatim Park 1, sejak awal Januari lalu di Batu, Malang telah dibuka lokasi wisata Jatim Park 2 yang tak kalah menarik. Jatim Park 2 didesain dengan konsep edukasi dan rekreasi. Tak heran bila lokasi wisata seluas 14,5 Ha ini sangat tepat bila disebut sebagai sarana hiburan keluarga. Di balik keindahan ratusan satwa yang ada, pengunjung juga sekaligus bisa merasakan kesejukan udara Batu dan keindahan pegunungan Malang.

Loket di Jatim Park 2 (dua) buka pukul 09:00 WIB. dan daftar harga masing-masing wahana berbeda. Lebih baik kita membeli tiket paket sehingga kita bisa menikmati semua wahana di Jatim Park 2 (dua). HTMnya Rp. 65.000,00 dihari biasa dan Rp.90.000,00 dihari libur (sudah termasuk asuransi).

Jatim Park 2 terdiri dari tiga  bagian. Bagian pertama yakni Batu Secret Zoo (BSZ), kebun binatang dengan ratusan jenis hewan yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Bagian kedua Museum Satwa yang berisi ribuan koleksi satwa yang sudah diawetkan. Dan bagian ketiga wahana permainan yang menantang dan menghibur khususnya bagi anak-anak.

Batu Secret Zoo (BSZ)

Di BSZ, kita dapat melihat aneka jenis kera (monyet) dari berbagai belahan dunia. Bentuknya  lucu dan unik. Di sini kita juga akan melihat berbagai hewan buas, seperti jaguar atau black panther yang sengaja didatangkan dari hutan Amerika. Dari balik kandang besi yang kokoh, hewan yang terkenal memiliki kemampuan berlari sangat cepat itu tampak terus berjalan mengitari kandangnya sambil menatap tajam ke arah pengunjung.

Beberapa jenis raja hutan lain, seperti singa putih didatangkan pula dari Afrika dan India. Uniknya, untuk melihat Si Raja Hutan ini, pengunjung bisa melihat dari berbagai sisi, atas, bawah atau samping, dari balik kaca yang tebal.

Mengingat kawasan Jatim Park 2 sangat luas, disediakan e-bike , motor elektrik yang hanya bisa ditunggangi 1-2. orang Dengan motor ini, pengunjung bisa berkeliling seluruh kawasan dengan santai tanpa perlu lelah berjalan.

Museum Satwa

Persis berada di sisi Batu Secret Zoo, berdiri kokoh bangunan dengan arsitektur bergaya Romawi Kuno. Bangunan tersebut adalah Museum Satwa yang merupakan Museum Terbesar dan terlengkap. Menyajikan satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, Eropa dan Antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer) serta menggabungkan antara seni lukis, technologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa.

Pada bagian depan pengunjung akan disuguhkan bangunan bergaya klasik Romawi dengan pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, patung-patung lucu menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Ada pula lampu-lampu dengan bentuk rusa yang tampak indah saat malam hari.

Sajian dalam Museum Satwa ini sangat beragam, di dalamnya ada sekitar 84 diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, dari dalam maupun luar negeri. Diorama ini memberi gambaran yang seakan-akan nyata tentang kehidupan satwa di habitatnya di alam liar dengan menggunakan hewan awetan murni.

Tak ketinggalan, terdapat diorama pemandangan alam dari berbagai tempat yang berbeda di berbagai belahan benua. Seperti diorama pemandangan alam yang berbatu, bersalju, hutan yang sedang terbakar dan lain-lain. Sajian lain yang cukup menarik adalah koleksi fosil, fosil yang dipamerkan di sini adalah fosil tiruan dari bahan fiberglass. Fosil-fosil ini akan memberi pengetahuan kepada pengunjung bagaimana bentuk fosil itu dan bagaimana para ahli satwa purbakala merekonstruksi gambaran satwa yang hidup di masa jutaan tahun yang lalu.

Museum Satwa juga dilengkapi fasilitas Teater, menyajikan film-film tentang satwa dan kehidupannya di alam liar, ditambah dengan simulasi anatomi satwa agar pengunjung bisa mengetahui seluk-beluk satwa dengan lebih baik. Jika masih kurang puas dengan penjelasan tentang satwa, para guide yang profesional siap memandu wisatawan untuk menerangkan dan memberi informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Setelah puas berkeliling pengunjung dapat menikmati beristirahat sambil menikmati santapan ala museum satwa dengan suasana pedesaan di Warung Desa atau belanja oleh-oleh khas Museum Satwa di Toko Souvenir yang telah tersedia.

Fantasy Land dan Kidzone

Setelah puas melihat para satwa, anak-anak dapat menghabiskan waktu bermain di arena Fantasy Land dan Kidzone. Ada banyak wahana yang cocok untuk usia anak 10 tahun ke bawah. Uniknya, semua zona yang kita lewati di peta Jatim Park 2 (dua) diberi tema Reptil Garden, Aquarium, Savannah, Pasar Afrika, Hippo&Crockgarden, Eagle, Kid Zone, Fantasy Land, Swimming Pool, Safary Farm, Play Ground, Kereta Kuda, River Adventure, dan Tiger Land.

Jangan lupa juga menjelajah di City Kids, arena balap mobil anak dengan dua orang berseragam polisi yang membantu anak-anak menaiki mobil balapnya. Brigade mobil pemadam, permainan anak dimana anak-anak diajari cara memadamkan api, ada juga kolam renang anak dengan patung gajah dan jerapah raksasa yang membawa ember besar yang apabila telah penuh airnya akan menumpahkannya ke bawah. Masih banyak lagi permainan lainnya seperti Horor House, Flying Dumbo, Animal Coaster, Rodeo khas Amerika, Animal Bumper Car.

Jangan takut kelaparan setelah puas berjalan-jalan, karena didalam area Jatim Park 2 (dua) telah disediakan banyak stand kafe dan restaurant untuk istirahat para pengunjung jadi tidak perlu bingung jika ingin membeli makanan.

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) adalah sebuah wahana wisata malam Kota Batu. Malam hari Anda bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur  Night Spectacular. Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain.

Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata mala mini anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia di sana.

BNS juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.

Puas menyaksikan tarian air mancur, pengunjung masih disuguhi dengan pertunjukan outer journey (keliling angkasa luar) lewat laser show di layar raksasa. Pertunjukan outer journey ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter di atas kita, pengunjung serasa diajak keliling angkasa. Kadang pula, kita dikagetkan dengan helikopter animasi yang seakan berjalan di atas Kita. Taryadi

Sumber: Merah Putih edisi Januari
Foto: Taryadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.