Mengetahui Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler

Di dalam pendidikan sekarang banyak fenomena siswa salah memasuki jurusan yang ada disekolah karena sekolah tidak mengetahui bakat dan minat dari calon siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan maksimal, dikarenakan jurusan yang dia inginkan tidak sesuai dengan bakat dan minat dari siswa tersebut. Alasan yang paling banyak dijumpai adalah orangtua memaksa ananya utuk mengikuti apa yang orangtua inginkan tanpa melihat bakat dan minat dari si anak tersebut.

Minat anak timbul karena dia menyukai suatu bidang dan mempelajarinya secara mendalam. Sebagian orangtua tidak melihat potensi anak dari kegiatan yang diikutinya melainkan hanya melihat dari nilai akademiknya saja. padahal banyak anak yang berprestasi diluar akademik sebagai contoh, siswa sekarang banya yang minat pada olahraga futsal, dia dapat mengambangkan minat dan bakatnya di dalam olahraga futsal tersebut sehingga, dia dapat menjadi juara dalam olahraga futsal.

Saat ini banyak sekolah yang menerima murid atau siswa tidak hanya berdasarkan nilai, tetapi juga berdasarkan nilai kepribadian yang ada dalam siswa. Pendidikan saat ini tidak hanya mementingkan nilai akademik untuk menentukan kelulusan siswa, tetapi juga melihat berdasarkan prestasi non akademik yang diraih oleh siswa tersebut. Pengembangan kepribaidan tersebut salah satunya dilakukan dengan melalui kegiatan ekstrakulikuler.

Kegiatan ekstrakulikuler tersebut sudah banyak dilakukan sekolah-sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti siswa sekolah adalah kegiatan Pramuka. Selain pramuka masih banyak kegiatan yang dapat diikuti di sekolah, seperti PMR, Drumband, Olahraga, Seni Musik dan Tari, dan Teater. Pengembangan kepribadian siswa juga dapat dilakukan di luar sekolah, seperti mengikuti sekolah sepakbola, dan les privat di sanggar tari atau studio musik yang ada.

Nantinya dari pengembangan kepribadian dan bakat minat siswa tersebut dapat menjadi acuan untuk sekolah jenjang selanjutnya agar nantinya sekolah yang dituju mengetahui bakat dan minat serta kepribadian dari siswa untuk melakukan penjurusan di sekolah.

Sekolah yang ada sekarang banyak yang berlomba-lomba untuk menunjukan kegiatan ekstrakulikuler yang dapat menampung bakat dan minat dari siswa yang akan mendaftar di sekolah tersebut. Sehingga nantinya sekolah dapat mengembangkan bakat dan minat siswa dan juga dapat membawa prestasi untuk sekolah dan untuk siswa yang mengikutinya. Dan pada akhirnya tidak ada lagi yang namanya siswa tidak mengetahui bakat dan minat yang dia miliki, dan siswa tersebut akan dapat menajadi siswa berprestasi di sekolah maupun diluar sekolahnya. Selain siswa dan sekolah yang bangga akan prestasi yang didapatkan orangtua juga senang melihat anaknya yang dapat berprestasi dan mengetahui apa bakan dan minat dari anaknya tersebut.

Kesimpulannya adalah keigatan ekstrakulikuler disekolah sangatlah penting untuk memfasilitasi bakat dan minat dari siswa serta dapat meningkatkan prestasi sekolah maupun siswa yang megikutinya. Dari kegitan tersebut juga sekolah menjadi tahu kepribadian siswa dan dapat memberikan nilai yang sesuai dengan siswa tersebut.

Annas Nursetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.