Mengatasi Muntaber Secara Alami Dan Mudah

Kita semua pasti hampir pernah mengalami muntaber. Muntah disertai buang air besar yang terjadi berkali-kali. Muntaber sendiri sebenarnya bukan penyakit, tetapi gejala penyakit dan respon tubuh yang tidak sehat. Meski begitu ada begitu banyak obat muntaber bahkan obat muntaber bayi juga ada.  Akan tetapi tidak semua orang yang mengalami muntaber, cocok diobati dengan obat-obatan kimia yang banyak dijual dipasaran. Ada juga alternatif lain seperti obat-obatan alami maupun tradisional.

Berikut adalah daftar bahan-bahan alami yang dapat dijadikan pilihan untuk mengobati atau meredakan muntaber pada seseorang:

1. Makanan mengandung karbohidrat

Makanan yang kaya karbohidrat maka memiliki kandungan gula yang juga tinggi. Sangat bagus untuk mengganti energi yang dan mengganti kadar gula yang hilang. Dan yang paling mudah dicerna oleh lambung. Sehingga konraksi lambung dapat mereda. Contoh makanan kaya karbohidrat yang dapat dipilih adalah nasi putih atau bubur, pisang, buah apel, dan sebagainya.

2. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang banyak

Apabila terkenan muntaber maka biasanya kandungan cairan pada tubuh akan berkurang. Sehingga akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Beberapa pilihan yang dapat dilakukan adalah:

  • Meminum minuman elektrolit
    Minuman elektrolit dengan cepat akan mengganti ion tubuh yang hilang selama muntaber.
  • Mengkonsumsi makanan berkuah
    Mengandung kadar air yang tinggi seperti sup, atau makanan dengan kuah kaldu
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya air seperti semangka, belimbing, jeruk, melon, nanas, dan sebagainya.

3. Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki kelebihan menghangatkan tubuh dan memiliki aroma terapi. Efektif menjaga suhu tubuh. Selain itu jahe juga memiliki aroma terapi yang akan memberikan efek relaksasi. Saran penyajian mungkin bisa dibuat minuman seperti teh jahe, susu jahe atau air jahe hangat.

4. Daun mint

Daun mint kurang lebih memiliki manfaat yang sama dengan jahe dalam meredakan muntaber. Info selengkapnya bisa dilikat pada web sumber gue sehat.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat membantu tubuh untuk melakukan penyembuhan secara alami. Seperti membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan anda terkena muntaber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.