Mendikbud Canangkan Gerakan 10 Menit Mendongeng

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan gerakan 10 menit mendongeng untuk anak. Pencanangan gerakan ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan minat baca di kalangan generasi muda.

Meskipun hanya sepuluh menit setiap hari, kata Mendikbud, kebiasaan membaca cerita untuk anak dapat meningkatkan budaya literasi di Indonesia.

“Lebih baik sebentar hanya sepuluh menit sehari tapi terus dilakukan, daripada membaca lama-lama tapi jarang,” katanya di hadapan anak-anak dan guru dalam acara pencanangan tersebut.

Dalam acara yang digelar di Perpustakaan Kemendikbud itu, Anies menyampaikan keprihatinannya terhadap kurang berminatnya anak-anak untuk membaca buku. Padahal, kebiasaan membaca buku merupakan modal untuk mengembangkan kebiasaan dan budaya menulis.

Bahkan, sebagai permulaan, setelah mencanangkan gerakan 10 menit membaca cerita untuk anak, Menteri Anies langsung membacakan sebuah dongeng berjudul “1.000 Sahabat Selamanya” karya Clara Ng untuk anak-anak yang hadir

Dengan dicanangkannya gerakan 10 menit membaca cerita untuk anak ini, Mendikbud berharap beberapa tahun ke depan Indonesia bisa memimpin dalam hal literasi di kawasan Asia. “Kita berdoa nanti 2030 literasi Indonesia berada di puncak untuk kawasan Asia,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.