Melonjaknya Harga Bahan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020

Semarang – Harga bahan pangan merangkak naik beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 di berbagai pasar tradisional, termasuk di Pasar Peterongan Semarang. Harga bahan pokok yang terus melonjak naik yaitu cabai.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional (Kamis, 21/5/2020) mencatat terdapat sembilan bahan pokok yang mengalami kenaikan. Harga bahan pokok yang naik antara lain bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, beras, daging ayam, dan daging sapi.

“Setiap tahun jika mendekati lebaran pasti mengalami kenaikan harga bahan pokok, namun sampai saat ini harganya masih cenderung stabil. Hanya beberapa bahan pokok saja yang naik yaitu bawang dan cabai,” ungkap Suratmi, penjual di Pasar Peterongan (21/5/2020).

Suratmi menyebutkan, di Pasar Peterongan terjadi kenaikan harga bawang merah dari awal bulan Mei yang awalnya sebesar Rp 47.500 menjadi Rp 52.500. Sedangkan harga cabai merah keriting juga mengalami kenaikan dari Rp 22.500 menjadi Rp 25.000.

Selain itu dari awal bulan Mei terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi pada cabai rawit merah yang awalnya sebesar Rp 22.500 menjadi Rp 40.000. Sedangkan cabai merah besar juga mengalami kenaikan dari Rp 22.500 menjadi Rp 35.000. “Di samping kenaikan harga itu semua, malah terjadi penurunan harga bawang putih dari mulai Rp 30.000 menjadi Rp 29.000,” tambah Suratmi.

Kenaikan tersebut diduga dikarenakan meningkatnya permintaan pasar dalam beberapa hari mendekati Lebaran. Hal ini dibuktikan dengan ramainya kondisi pasar tradisional termasuk pasar peterongan, banyak masyarakat sibuk mempersiapkan acara untuk lebaran esok.

“Lebaran tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena anjuran pemerintah tidak boleh mudik, maka saya sekeluarga menggelar acara masak-memasak di rumah saja,” ujar Anik, salah satu pembeli di Pasar Peterongan (22/5/2020).

Walaupun banyak masyarakat beramai-ramai berada di pasar untuk berbelanja, namun tetap menaati anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu Pasar Peterongan juga menyediakan fasilitas air dan sabun supaya pengunjung dapat membersihkan tangan sebelum dan sesudah memasuki kawasan pasar.

[Avita Dara Hardani]

_Berita ini merupakan hasil belajar peserta mata kuliah jurnalistik Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.