Mau Dapat Beasiswa Bidikmisi? Ini Caranya…

Tak sulit untuk meraih beasiswa full study Bidikmisi. Di Unnes saja tersedia sedikitnya 1.750 paket secara nasional serta syaratnya “hanya” tak mampu secara ekonomi namun berprestasi.

Meski begitu, tetap saja ada yang sesungguhnya memenuhi syarat tapi tak mendapatkannya. Sebaliknya, mereka yang sebenarnya tak begitu pantas mendapatkannya, justru memperoleh kucuran dana dari skema ini.

Sebagaiman dirilis di laman resmi Bidikmisi, bidikmisi.dikti.go.id, ada sejumlah hal yang mesti dipenuhi.  Pendaftar merupakan siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013.

Selain itu, lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi serta berusia paling tinggi saat mendaftar 21 tahun.

Pendaftar juga mesti tergolong tidak mampu secara ekonomi. “Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3 juta per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan, yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000 setiap bulan.

Hal lain yang harus diperhatikan, pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4. Pendaftar juga berpotensi akademik baik dan mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Lantas, di jalur manakah untuk meraih beasiswa ini. Dengan mendaftar secara terpusat di laman tersebut, untuk PTN, peminat bisa mendaftarkan diri sesuai dengan tiga jalur yang tersedia. Ketiganya adalah Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pendaftarannya berlangsung hingga 8 Maret mendatang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN), dan seleksi mandiri yang di Unnes bernama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.