Manfaatkan Potensi Kalisegoro dengan Buat Minuman Segar Rambutan

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Alternatif tahap 2B. Salah satunya di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Di Semarang, KKN dilaksanakan di Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati. Kegiatan Minuman Segar Rambutan bertempat di PAUD Beringin Asri, Rabu (30/10) lalu.

Koordinator Mahasiswa KKN UNNES Kelurahan Kalisegoro, Ahmad Nur Salim mengatakan, dalam program KKN ini, para mahasiswa memberikan sosialisasi kepada para Ibu PKK terkait potensi yang dimiliki di Kelurahan Kalisegoro yaitu dengan populasi pohon rambutan yang cukup banyak, maka buah rambutan dapat dimanfaatkan menjadi minuman segar.

Pembuatan Minuman Segar Rambutan disambut antusias para peserta. Seringkali mereka menanyakan teknik yang belum mereka pahami. Sebab, selama ini Rambutan sebagai komoditi yang tumbuh subur di lingkungan mereka hanya dijual dalam bentuk bijian. Dengan adanya sosialisasi ini, mereka menyadari bahwa Rambutan ternyata memiliki banyak potensi hasil olahannya, sehingga dapat menambah nilai ekonomis.

Rahma Puji Rahayu, selaku penanggung jawab kegiatan Minuman Segar Rambutan (Miseru) mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah ibu-ibu, agar dapat mengoptimalkan potensi buah rambutan menjadi minuman segar

Sebagaimana diketahui, rambutn memiliki banyak manfaat di antaranya kaya nutrisi dan antioksidan, melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.