Malam Ini, Undip Gelar Wayang Kulit “Dalang Karungrungan”

Dalam rangka penutupan kegiatan Dies Natalis Universitas Diponegoro ke 57,  akan diselenggarakan pergelaran Wayang Kulit oleh Nyi Dalang Kanjeng Masayu Tumenggung Rum Ajang Kenyowursito dari Surakarta, , Senin 29 Desember 2014 mulai jam 21:00 sampai dengan jam 02:00.

Pentas wayang akan mengambil lakon Dalang Karung-rungan di Gedung Serba Guna Prof Soedarto, Kampus Tembalang.

Akan tampil mengiringi UKM Tari Jawa Undip dan bintang tamu Nurhana. Pentas wayang ini sekaligus sebagai tasyakuran purna tugas, Dr (Hc) Ir Djoko Kirmanto sebagai Ketua Dewan Penyantun Undip.

Pada sore hari sebelum pentas wayang, akan tampil drum blek dari Salatiga yang akan berkeliling kampus. Lakon Dalang Karung-rungan mengisahkan tentang pengembaraan Pendawa yang dikucilkan oleh Kurawa.  Ra

ja Duryudana dengan seluruh kerabat Kurawa mengira bahwa dengan pengucilan tersebut Pandawa makin lemah (paribasan mijet wohing rante), sehingga dengan mudah ditundukkan ketika Perang Baratayuda tiba.

Namun kenyataan menunjukkan bahwa Pendawa makin kuat, karena selalu didampingi oleh para Dewa, salah satunya adanya Dalang Karung-rungan yang merupakan titisan dewanya Puntadewa.

Diharapkan warga kampus bisa hadir menyaksikan dan Pentas Wayang Kulit ini juga gratis, terbuka untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.