Malam Ini, Peluncuran Kumpulan Cerpen “Pertobatan Parmin”

PERTOBATAN Parmin, sebuah buku kumpulan cerpen karya M. Rifan Fajrin, akan diluncurkan malam ini, mulai pukul 19.30 WIB di Queen Cafe, Sekaran. Acara peluncuran akan diisi performance art sejumlah komunitas seni sekaligus diskusi proses kreatif. Dua pegiat Open Mind Comunity Semarang, Janoary M Wibowo dan Musyafak Timur Banua akan hadir berbagi pandangan tentang buku ini.

Pertobatan Parmin berisi 18 cerpen dengan beragam tema. Namun, diakui sang penulis, lebih banyak yang bertema religi. Pertobatan Parmin sendiri diambil dari salah satu judul cerpen yang berkisah tentang perjalanan spiritual bencoleng menjadi penganut agama yang taat.

“Mengapa judul itu yang dipilih? Sebab kumpulan cerpen itu tak ubahnya seperti perjalanan hidup saya yang masih mencari identitas, menuju ke arah baik,” kata Rifan, cerpenis yang tak lain adalah mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes.

Tokoh Parmin, lanjut M. Rifan, adalah pribadi dengan beragam sikap. Kadang ia muncul sebagai seorang yang cerdas, kadang menjengkelkan, sekaligus menjadi bajingan. “Sempat pula beberapa kali dia pengin menjadi orang bener. Ya seperti kebanyakan orang yang hidup mapan.  Hidup tentrem bersama anak istri.”

Empat dari 18 cerpen yang terhimpun dalam buku ini memang menggunakan tokoh Parmin. Mengapa Parmin? Apakah dia semacam Sukab bagi Seno Gumira Ajidarma, atau Rasus bagi Ahmad Tohari? Silakan hadir dalam diskusi yang dihelat secara gratis malam nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.