Malam Ini Babahe Luncurkan Blakotang

PEGIAT Teater dan penulis Widyo “Babahe’ Leksono akan meluncurkan buku bertajuk Blakotang Senin (20/2) malam ini. Acara digelar di gazebo Kampus FIB lama Undip, Pleburan.

Blakotang adalah kumpulan geguritan karya Babahe yang ditulis sejak awal tahun ini. Ada 50 geguritan termaktub dalam buku tersebut yang bersumber dari nama-nama anak hewan, daun, dan juga bunga dalam bahasa Jawa.

Lewat puisi-puisi yang tercantum dalam Blakotang, Babahe seolah mengingatkan masyarakat untuk tak lupa akan tradisi, yakni budaya Jawa. Setidak-tidaknya, melalui judul geguritan Babahe ingin mengingatkan kita pada sejumlah istilah berbahasa Jawa.

Memang, judul-judul geguritannya banyak yang berasal dari nama-nama anak binatang seperti pedhet, gudel, bledug, dan tobil, atau nama-nama daun seperti blarak, kemangi, sinom, menik, dan lainnya. Mirip dengan piwulang Kawruh Basa Jawi di SD dulu bukan?

Meski demikian, Babahe tentu tidak sedang benar-benar sedang mengajarkan Bahasa Jawa. Lewat semua geguritan itu dia mengungkapkan kegelisahannya akan kondisi masyarakat kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.