Mahoni, Pohon Penghasil Kayu dengan Kualitas Terbaik Untuk Office Furniture

Beberapa orang beranggapan bahwa kayu jati merupakan kayu terbaik untuk office furniture Anda. Anggapan tersebut memang tidak salah, namun kayu mahoni juga dapat dijadikan pertimbangan karena memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan kayu jati. Pohon mahoni merupakan tanaman yang berasal dari hindia barat dan afrika. Pohon ini memiliki vegetasi di daerah perairan payau atau dekat dengan pantai. Terdapat dua jenis pohon mahoni antara lain, pohon mahoni berdaun kecil dan pohon mahoni berdaun besar. Adapun jenis yang biasa digunakan untuk furniture adalah pohon mahoni berdaun besar. Pohon mahoni dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter. Pohon ini siap ditebang pada saat berumur 10-12 tahun. Karena pertumbuhannya yang relatif lebih cepat, pohon ini menjadi primadona bagi para pengusaha office furniture karena memiliki harga yang lebih murah, barang yang lebih mudah didapat dan kualitas yang tidak kalah dengan kayu jati. Selain itu, terdapat beberapa karakteristik lain dari kayu mahoni sebagai berikut.

Memiliki serat dan pori-pori yang halus

Kayu dari pohon mahoni dikenal memiliki serat dan pori-pori yang halus. Selain itu, serat yang dimiliki juga padat sehingga lebih tahan lama dan tahan terhadap benturan. Selain itu, pada kayu mahoni juga tidak terdapat banyak mata kayu sehingga memiliki tekstur yang lebih bagus. Kayu mahoni juga tidak mudah retak sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan baku furniture untuk office Anda.

Memiliki warna merah kecoklatan

Warna yang dimiliki oleh kayu mahoni berwarna merah agak kecoklatan. Berbeda dengan kayu jati, warna kayu mahoni tidak berubah ketika terpapar sinar matahari.

Tidak mudah memuai atau menyusut

Hal yang biasanya menjadi pertimbangan ketika memilih bahan baku untuk furniture pada office adalah apakah mudah memuai atau menyusut. Kayu mahoni, tergolong kedalam jenis kayu yang tidak mudah memuai atau menyusut sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai furniture office.

Cenderung polos

Kayu mahoni memiliki tekstur atau motif yang sedikit bahkan cenderung polos.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *