Mahasiswa Unnes Asal Batang Sosialisasi SNMPTN

Semangat untuk menyosialisasikan jalur masuk perguruan tinggi negeri tampak dari berbagai himpunan mahasiswa daerah. Salah satunya adalah himpunan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) asal Kabupaten Batang yang tergabung dalam FORKOMBI (Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia).

Mereka berpartisipasi menyosialusasikan SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri Unnes di daerah asel mereka. Sejak 1 sampai 21 Februari mereka beranjangsana ke berbagai sekolah menengah atas untuk memberikan akses informasi kepada siswa.

Menurut Agus Ja’far mahasiswa Unnes selaku Koordinator Pendidikan dan Kebudayaan FORKOMBI yang membawai kegiatan ini, bahwa kegiatan sosialisasi dan motivasi pendidikan tinggi bertujuan untuk memberikan informasi terkait perguruan tinggi dan prosedur penerimaan mahasiswa baru, serta memberikan motivasi kepada siswa-siswi. Dengan begitu, diharapkan siswa memiliki kemauan tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Berdasarkan temuan selama sosialisasi, salah satu alasan siswa-siswi tidak minat melanjutkan ke perguruan tinggi adalah karena faktor ekonomi keluarga. Oleh karena itu Forkombi juga menyampaikan mekanisme pendftaran beasiswa Bidikmisi.

Terdapat sejumlah sekolah yang mereka kunjungi, seperti MA NU Batang, MA NU 01 Banyuputih, MA NU Gringsing, MA Muhammadiyah Limpung, SMA Almunawwir Gringsing, SMAN 1 Bandar, SMA Bhakti Praja Batang, SMA Bhakti Praja Limpung, SMAN 2 Batang, SMA Ahmad Yani Batang, SMKN 1 Batang, SMKN 1 Warungasem, SMK Diponegoro Banyuputih, SMK Ma’arif NU 01 Limpung, SMK Bhakti Praja 01 Batang, dan SMK Bhakti Praja 02 Batang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.