Mahasiswa Undip Kreasikan Jantung Pisang Jadi Bubur

Lima mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan pelatihan pembuatan bubur jantung pisang di Balai Kelurahan Rowosari beberapa waktu lalu.

Mereka adalah Arfieno Jefry Krisnanda (S-1Teknik Kimia 2013) Irma Sari (S-1 Teknik Kimia 2013), Mutiara Hapsari (FSM Kimia, 2013), Reza Rizqi Meilani (FKM, 2012) dan Herliana Endang (FKM, 2013).

Ketua tim Arfieno Jefry Krisnanda mengatakan bahwa  ini merupakan salah satu rangkaian dari realisasi program kreativitas mahasiswa (PKM) pengabdian masyarakat.

Sebelumnya mereka telah melaksanakan sosialisasi mengenai daya guna jantung pisang dan praktek diversifikasi jantung pisang.

”Kami mengajarkan kepada Ibu-ibu PKK agar langsung mempraktekan pembuatan bubur jantung pisang setelah mendengarkan pengarahan dari mahasiswa, mulai dari perebusan, penghalusan, hingga pengovenan,: katanya.

“Harapannya warga desa Rowosari tidak lagi memandang sebelah mata jantung pisang, karena selain baik untuk kesehatan juga berpotensi menghasilkan produk baru yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan adanya program tersebut ibu-ibu PKK Rowosari memperoleh pengetahuan baru mengenai manfaat jantung pisang bagi kesehatan, yang ternyata baik untuk penderita diabetes,” ujar Arfieno.

”Berdasarkan penelitian beberapa ahli bahwa jantung pisang bermanfaat bagi penderita diabetes karena kandungan indeks glikemiknya rendah dan memiliki serat pangan yang baik. Salah satu alternatif pengendalian diabetes melitus secara alami yang berbahan dasar jantung pisang,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.