Mahasiswa Undip Gelar Pendidikan Kewirausahaan Sejak Dini

Lima mahasiswa Undip memberikan pendidikan kewirausahaan sejak dini. Melalui kegiatan yang diberi nama Rumah Generasi Mandiri (RGM) ini mereka mengenalkan dasar-dasar entrepreneurship dan menumbuhkan jiwa berwirausaha bagi siswa sekolah dasar.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari hibah PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat) yang didanai oleh DIKTI.

Menurut ketua tim pelaksana RGM, Lila Kondi Dabutar, mengenalkan dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak dini itu sangat penting. Hal tersebut berguna untuk mendorong generasi muda agar menjadi pengusaha.

Menurutnya, ke depan Indonesia membutuhkan pengusaha-pengusaha yang dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian bangsa. Karena pada dasarnya peningkatan jumlah wirausaha berpengaruh kepada penguatan ekonomi suatu negara.

“Jumlah wirausaha di Indonesia hanya 1,56% dari total jumlah penduduk. Jauh tertinggal oleh negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai angka 4% dan Singapura yang mampu mencapai angka 7,2%. Oleh karena itu, di Indonesia pendidikan entrepreneurship harus diadakan sejak dini”, ujar Lila.

Setiap kegiatan RGM dikemas secara fun learning. Konsep ini merupakan penggabungan antara kegiatan bermain, belajar, berkreasi, serta berkarya.

Peserta RGM terlihat senang dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatannya. Salah satunya adalah Tanaya Fadhil D, siswa yang biasa dipanggil Naya ini mengungkapkan bahwa senang dengan model pembelajaran dalam setiap kegiatan RGM.

“Kegiatannya menyenangkan, kita bisa belajar sambil bermain. Kita juga diajari untuk berkreasi membuat karya-karya yang dapat dijual. Kita juga bermain tabung menabung dengan menggunakan uang mainan, dikenalkan tentang produk halal, dan yang paling seru adalah kegiatan eksponya, kita diajak bermain jual beli dengan bapak ibu guru”, ungkap Naya.

Kepala SDN Pedalangan 2, Rumiati sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Undip ini.

“Kegiatan Rumah Generasi Mandiri menurut saya sangat baik, anak-anak dapat mengenal entrepreneurship, juga dapat membuat produk dari bahan-bahan yang sederhana menjadi karya yang menarik dan bernilai ekonomi. Sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang mengikutinya”, tuturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.