Mahasiswa Udinus Menangi Full Scholarship ke Jepang

Faris Naufal Rukmana, mahasiswa Sastra Jepang Udinus, berhasil memperoleh beasiswa dari Monbukagakusho (Departemen Pendidikan dan Sains) Jepang baru-baru ini.

Ia memeperoleh full scholarship selama satu tahun. Selain biaya kuliah, Faris memperoleh biaya hidup untuk setiap bulannya, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, dan uang kedatangan.

Monbukagakusho, atau departemen pendidikan dan sains Jepang menyediakan beasiswa terbatas bagi mahasiswa yang studi tentang Jepang (Sastra Jepang) untuk belajar ke Jepang selama 1 tahun.

Setelah mengikuti seleksi tertulis yang diadakan terpusat di Jakarta (PSJ UI) Faris berhasil lolos ke seleksi wawancara yang dilakukan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Setelah mengikuti seleksi wawancara ini, seluruh berkas administrasinya dikirimkan ke Tokyo untuk diseleksi dan diadu dengan calon-calon lain dari seluruh penjuru dunia.

Dari sekian banyak universitas di Jawa Tengah yang membuka program studi Sastra Jepang, hanya Faris yang berhasil lolos hingga seleksi akhir dan berhasil memperoleh beasiswa tersebut. Ia akan berangkat ke Jepang 2 Oktober 2011 dan akan mengikuti perkuliahan di Hiroshima University, Jepang.

“Prestasi ini sangat membanggakan bagi kami civitas Fakultas Bahasa dan Sastra Udinus, di mana mahasiswa kami terbukti mampu bersaing secara nasional bahkan internasional dalam meraih beasiswa”, demikian apresiasi dari Achmad Basari, S.S., M.Pd, dekan FBS Udinus.

Dengan berhasilnya Faris menjadi penerima beasiswa Monbukagakusho Jepang untuk studi di Jepang selama 1 tahun, bertambah pula prestasi level internasional yang diukir oleh program studi Sastra Jepang Udinus di tahun 2011 ini.

Sebelumnya, Andy Bangkit Setiawan, M.A., Ph.D. ketua Program Studi Sastra Jepang Udinus telah berhasil pula meraih hibah internasional dari Suntory Foundation yang bertempat di Osaka dan hibah internasional dari International Research Center for Japanese Studies (Nichibunken) di Kyoto, Jepang.

“Kami berharap, ke depannya akan semakin banyak prestasi internasional yang diukir oleh staf dosen maupun mahasiswa Sastra Jepang Udinus sebagai bukti kualitas pendidikan yang dilakukan di lingkungan program studi Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro Semarang”, harap ketua Program Studi Sastra Jepang Udinus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.