Lima Pesan SBY untuk Mahasiswa Unnes

Saat menyampaikan orasi ilmiah di auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhyono (SBY) beberapa kali menyapa mahasiswa. Ia juga menyampaikan sejumlah pesan kepada mahasisswa Unnes, baik yang hadir di auditorium maupun yang menyaksikan orasi ilmiah tersebut melalui live streaming.

Selain menyampaikan gagasan-gagasanya tentang prospek penerapan konservasi dalam pembangunan dunia, SBY juga memberikan nasihat kepada mahasiswa. Sekurang-kurangnya ada lima pesan SBY kepada mahasiswa.

1. Kemajuan Bisa Diperoleh oleh Orang-orang Berpikir Positif

Pada awal orasi, SBY mengategorikan dua kelompok orang, yakni mereka yang berpikir psotif dan orang yang berpikiran negatif. Menurutnya, orang tipe pertama adalah yang lebih siap meraih kesuksesan.

2. Pancasila adalah Ideologi Terbaik bagi Indonesia

Ia bercerita, selama berakarier di militer selama lebih dari tiga dasawarsa, kemudian memimpin Indonesia selama satu dasawarsa, ia merasakan Pancasila sebagai ideologi terbaik bangsa. Ia beriterima kasih kepada para pendiri bangsa yang menggagas Pancasila dan mewarsikan konsep itu kepada bangsa Indonesia saat ini.

3. Hadapi Perubahan dengan Semangat

Menurut SBY, segala sesuatu memiliki dua aspek, yakni tantangan dan halangan. Mahasiswa diharapkan bersikap optimis dengan melihat sesuatu dari aspek positif. “Ini barangklai tidak mudah, tetapi kita akan bisa meraihnya,” kata dia.

4. Kondisi Indonesia Semakin Baik

SBY menyampaikan bahwa kondisi di Indonesia semakin baik, baik dalam bidang ekonomi maupun politik. Ia mencontohkan, secara ekonomi, Indonesia kini adalah negara terbesar ke-16 di dunia.

Kemajuan Indonesia merupakan kabar baik bagi mahasiswa agar menyambut masa depan dengan optimisme.

5. Mahasiswa, Bersiaplah Memimpin Indonesia di Masa Depan

Di akhir orasi, SBY secara khusus menyapa mahasiswa dan menyampikan bahwa regenasi pemimpin bangsa akan terus berlanjut. Ia mengajak mahasiswa mempersiapkan diri agar kelak siap menerima estafet kepemimpinan sebagai pemimpin bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.