Kunjungan di Labschool Yayasan Pendidikan UNJ

KKL BSI Angkatan 2012 diadakan pada tanggal 16-19 September 2014 di Jakarta-Bandung. Perjalanan yang kami lakukan cukup menyenangkan dan mengesankan. Beberapa tempat telah memberikan saya pelajaran dan pembelajaran. Terlebih lagi ketika malam ini saya baru menyadari kalau pernah bertemu dengan Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. untuk kali pertama di Labschool UNJ. Beliau tak lain adalah Menteri Pendidikan di zaman Orde Baru

Labschool Yayasan Pendidikan UNJ merupakan tempat kunjungan KKL kami yang pertama. Ada banyak informasi yang bermanfaat dalam kunjungan ini. Saya pun tambah menyadari bahwa ketika kita berkunjungan ke tempat lain kita pasti akan mendapatkan informasi dan cerita baru. Selain itu setiap jengkal perjalanan akan menjumpai cerita yang berbeda. Untuk kesempatan yang bagus ini, saya akan bercerita tentang kunjungan tersebut.

Ada beberapa mata acara yang dilaksankan Labschool YP UNJ untuk menyambut kami. Sebelum mengenal fasilitas yang ada kami dikumpulkan di lapangan basket untuk diberikan pengarahan. Pengarahan disampaikan oleh Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. yang sering dipanggil Pak Arief.

Beliau menyampaikan falsafah yang menjadi dasar Labschool Jakarta dalam berkembang yaitu iman, ilmu, dan amal. Beliau pun menyampaikan pesan-pesan yang diselipkan dalam falsafah tersebut yang ada kaitannya dengan Bahasa Indonesia.

Iman merupakan hal nomor satu yang dapat diwujudkan dengan disiplin, bertanggung jawab, mempunyai komitmen, dan mempunyai ketepatan waktu. Yang kedua, adalah ilmu. Bahasa Indonesia juga harus didisiplinkan, supaya bahasa Indonesia sebagai sebuah mata pelajaran akan membawa seseorang menjadi orang yang mempunyai peradaban bahasa. Pandai mendengar, santun berbicara, menulis dengan jelas, dan membaca. Menurut beliau, ujian nasional itu penting, namun lebih penting seseorang itu santun berbahasa. Yang ketiga adalah, amal. Dengan mengamalkan ilmu yang dimiliki maka ilmu akan berkembang dan karena kita hidup tidak sendiri maka harus saling berbagi.

Setelah diberikan pengarahan dari Pak Arief, kami diajak untuk berkeliling melihat fasilitas yang dimiliki sambil diberikan beberapa instruksi.
Labschool Jakarta berlokasi di Jalan Pemuda Komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Labschool Yayasan Pendidikan UNJ terdiri atas TK, SMP, dan SMA. Banyak fasilitas yang menunjang untuk memenuhi proses pembelajaran, seperti laboratorium IPA, laboratorium bahasa, green house, ruang musik, ruang seni rupa, kantin, ruang multi fungsi, perpustakaan.

Selain fasilitas yang memadahi, Labschool YP UNJ mampu membuat siswa merasa nyaman dalam proses pembelajaran. Mereka pun mampu mengolah bahan yang ada pada kurikulum 2013. Pembahasan sekilas tentang penggunaan kurikulum 2013 ini pun menjadi mata acara yang disajikan Labschool YP UNJ. Dalam hal ini dasar yang digunakan ketika proses pembelajaran untuk menjalankan kurikulum 2013 adalah pengembangan materi untuk membentuk dan ilmu yang menyenangkan dengan kebahagiaan. Devinta Eka Wulansari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.