Kuliner Kota Singkawang yang Wajib Kamu Coba!

Siapa sih yang tidak suka wisata kuliner?

Banyak sekali masyarakat yang melakukan travelling untuk membuang penat sambil mencari kuliner yang siap menggoyang lidah mereka. Yah, itu memang wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut untuk mengetahui seperti apa rasanya dan menghilangkan rasa penasaran kita.

Salah satu tempat atau kota yang bisa Anda sambangi untuk melepas penat dan mencicipi kuliner yang ada di dalamnya adalah Kota Singkawang yang berada di Provisni Kalimantan Barat. Ada banyak sekali wisata kuliner yang bisa Anda dapatkan di kota ini, semua tentunya akan menggoyang lidah Anda. Apa sajakah itu?

Sotong Bakar

Salah satu kuliner yang bisa Anda cicip ketika berkunjung ke Kota Singkawang adalah sotong bakar. Sotong merupakan sejenis hewan laut yang kerap disamakan dengan cumi-cumi padahal jelas berbeda. Sotong memiliki banyak sekali kandungan protein dan juga kalsium.

Di kota Singkawang, Anda bisa mendapatkan seporsi sotong bakar dengan rasanya yang sangat menggiurkan untuk menemani makan siang atau malam Anda. Uniknya, jajanan sotong bakar ini biasanya juga dijadikan menu catering oleh para penjualnya loh! Harga yang ditawarkan juga murah, yaitu Rp. 20.000 sampai Rp. 50.000 seporsi.

Bubur Gunting

Kuliner selanjutnya yang wajib Anda cicip di Kota Singkawang adalah bubur gunting. Bubur gunting yang disediakan terbuat dari biji kacang kedelai yang disiram kuah kental manis dengan potongan cakwe gurih yang sudah digunting-gunting kecil. Makanan ini sangat cocok Anda santap sebagai sarapan di pagi hari untuk membantu Anda memulai hari dengan lebih semangat. Harganya? Murah!

Choi Pan

Choi Pan merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras yang memiliki isi bengkuang yang sudah ditumis dengan bawang dan ebi. Setelah itu, dibungkus dengan adonan tepung beras dan kemudian dikukus dan diberi taburan bawang putih goreng dibagian atasnya. Makanan ini sangat enak dimakan panas-panas dengan sedikit olesan sambal yang pedas.

Bubur Pedas

Bubur pedas merupakan salah satu kuliner khas Pontianak dan terbesar di seluruh kota di Kalimantan, seperti Sambas, Singkawang, Mempawah, sampai Bajarmasin. Bubur pedas terbuat dari biji beras yang sudah ditumbuk sampai halus dan kemudian ditanak sampai menjadi bubur dengan topping sayuran sayuran hijau seperti kangkung ataupun pakis dan taburan teri kacang gurih.

Nah kira-kira itulah beberapa wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika mengunjungi kota Singkawang. Siapakah lidah Anda dimanjakan dengan kuliner-kuliner diatas?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *