Komunitas di Jepara Adakan Kegiatan Santunan Anak Yatim di Bulan Ramadhan

JEPARA – Bulan Ramadhan menjadi ajang bagi komunitas dan organisasi kemasyarakatan di Jepara untuk berbagi terhadap sesama. Salah satu komunitas baru di Jepara yaitu Komunitas Peduli Amal dan Sosial Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara atau yang sering dikenal sebagai KOMPAS UNISNU, mengadakan acara santunan anak yatim dan buka bersama pada tanggal (10/05/2020) di Pondok Pesantren API YATAMA Bawu, Mojo, Jepara.

Komunitas Peduli Amal dan Sosial Universitas Islam Nahdlatul Ulama (KOMPAS UNISNU) mengadakan acara ini sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap Tuhan karena telah diberi rezeki yang lebih untuk dapat saling berbagi. Hal ini juga agar dapat ditiru oleh banyak komunitas atau organisasi lain yang belum melakukan kegiatan serupa.

“Jadi Ramadhan kemarin (10/05/2020) komunitas kami mengadakan acara santunan dan buka bersama 33 anak yatim di Pondok Pesantren API YATAMA Bawu, Mojo, Jepara. Alhamdulillah acaranya berjalan lancar. Sesungguhnya rezeki yang kita miliki ada hak orang lain di sana, yaitu merekalah salah satunya,” ujar Abdullah Muttaqin selaku Ketua KOMPAS UNISNU Jepara, Senin (11/05/2020).

Kegiatan ini merupakan pertama kalinya bagi KOMPAS UNISNU dalam 1 tahun berdirinya. Dalam acara tersebut tidak hanya menyantuni anak yatim dan buka bersama. Adapun acara lainnya berupa maulidur rasul, pentas seni, dan tarawih bersama. Dengan adanya acara tambahan tersebut diharapkan agar lebih terasa ikatan silaturahminya.

“Iya, untuk runtutan acaranya itu pertama maulidan sebelum maghrib, terus dilanjut dengan bukber dan sholat maghrib berjamaah, tarawih bareng, pentas seni dari Tuman salah satu seni kreasi mahasiswa UNISNU, dan yang terakhir baru acara intinya yaitu santunan anak yatim. Jadi anak juga merasa terkesan gitu dengan acaranya,” ujar Nurul salah satu anggota KOMPAS UNISNU, Senin (11/05/2020).

Anak anak Pondok Pesantren API YATAMA merasa senang dengan diadakannya acara tersebut. Menurut mereka acara ini sangat positif dan membuat mereka bahagia. Mereka juga sangat berterima kasih karena telah memilih Pondok Pesantren mereka sebagai tempat kegiatan sosial KOMPAS UNISNU. Pihak pengurus Pondok Pesantren mengharapkan semoga acara ini dapat diadakan lagi tahun depan. Pihak pengurus juga mengutarakan terima kasihnya kepada komunitas ini.

“Saya banyak berterima kasih kepada KOMPAS UNISNU yang sudah membuat acara inidi Pondok Pesantren kami. Saya juga mendukung acara-acara seperti ini, apalagi ini di adakan di bulan Ramadhan pasti mendapat pahala yang besar,” ujar Zaki salah satu pengurus Pondok Pesantren, Minggu (10/05/2020).

 

Jailani Hayyan

Berita ini merupakan hasil belajar peserta mata kuliah jurnalistik Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.