KKN Undip, Saatnya Mahasiswa Terapkan Ilmu

Melalui KKN Mahasiswa dituntut mampu terapkan ilmu yang sudah didapat semasa kuliah secara multi disipliner.

Demikian yang disampaikan Rektor Universitas Diponegoro saat melepas 3.292 orang Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2015, Selasa, 13/1, di lapangan Widyapuraya kampus Undip Tembalang.

Lebih lanjut Prof Darto menyampaikan bahwa nantinya didalam pelaksanaan KKN mahasiswa akan belajar bagaimana menggabungkan berbagai ilmu dalam mengentaskan permasalahan yang ada.

”Sehingga kompentensi kepemimpinan, networking dan bekerja dalam kelompok akan didapatkan selama proses tersebut” ujarnya.

“Karena nanti pada prateknya tidak ada suatu pekerjaan yang diselesaikan dengan satu bidang keilmuan tetapi pasti melibatkan bidang lain sebagain penyempurnaannya” tambahnya.

Prof Darto juga berharap bahwa kegiatan KKN ini nantinya akan bermanfaat dalam akslerasi pembangunan di wilayah masing masing.

Sementara Ketua Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro , Dr. Ir Edi Prasetyo MS, menyampaikan bahwa KKN Tim I  ini akan diterjunkan ke 6 wilayah Kabupaten meliputi Kab. Magelang, Kab Semarang, Kab. Demak, Kab. Kudus, Kab. Pati dan Kab. Jepara.

Pada tiap Kabupaten dialokasikan pada 5 Kecamatan , dan tiap Kecamatan antara 10-17 desa. Sehingga peserta KKN pada setiap Desa berkisar anatar 8s/d 11 orang mahasiswa.

Lebih lanjut Edy menyampaikan bahwa KKN Tim I Tahun 2015 ini pada prinsipnya mengambil tema Pembelajaran, Pemberdayaan Masyarakat dengan obyek-obyek antara lain Perwilayahan, UKM, Sumberdaya Alam dan Kenservasi lingkungan, teknologi tepat guna maupun keluarga melalui Pos daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.