Kereta Api Semarang – Purwokerto Mulai Beroperasi

Setelah dioperasikan kereta api (KA) Kalijaga jurusan Solo-Semarang (PP), kini masyarakat juga dapat memanfaatkan moda transportasi KA Kamandaka jalur Purwokerto-Tegal-Semarang. Peresmian jalur  tersebut dilakukan Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo SH, di Stasiun Purwokerto, Senin (17/2) pukul 05.00.

Wakil Menteri Perhubungan RI, Bambang Susantono, yang juga hadir dalam peluncuran KA Kamandaka, mengatakan, dengan selesainya jalur double track dari arah Jakarta-Surabaya, membuat aksesibilitas kereta api yang melalui Semarang, menjadi lebih lancar. Jalur ganda juga akan dibuat di wilayah selatan, yakni, Cirebon-Purwokerto sepanjang 120 kilometer.

“Targetnya, 2016 semua bisa dibangun dan digunakan. Cross lintas juga  akan dibangun. Selain jalur Purwokerto-Semarang, juga akan membuka jalur Tuntang-Kedungjati-Ambarawa-ke museum, sebagai daya tarik yang luar biasa akan sejarah perkeretaapian di Indonesia. Sehingga, dengan kuantitas yang sudah ada, kita akan  meningkatkan kualitas, moda transportasi, dan ekonomi menjadi lebih baik lagi,” kata Bambang.

Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, menjelaskan, dengan dioperasikannya KA Kamandaka, masyarakat dapat memanfaatkan sebagai salah satu alternatif transportasi untuk berpergian, dari Semarang ke Purwokerto, atau sebaliknya. Untuk itu, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan terhadap fasilitas kereta api.

“KA Kamandaka akan lebih baik dan lebih masal, bisa ngiras-ngirus semua angkutan. Moda transportasi kereta api di Jawa Tengah semakin baik, penumpang akan semakin banyak, segi ketertiban, keindahan, dan kebersihan akan baik pula. Sehingga, kereta api akan lebih diminati lagi,” imbuh Wimbo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.