Keresahan Pengguna Jalan terhadap Ramainya Pengguna Sepeda di Jalan Raya

Karanganyar–Bersepeda telah menjadi tren baru setelah diberlakukannya new normal atau kelaziman baru. Masyarakat mulai memilih menggunakan sepeda sebagai alternatif moda transportasi sembari berolahraga.  Namun, padatnya pengguna sepeda dan kurangnya ketertiban bersepeda di jalan raya menimbulkan keresahan terhadap pengguna kendaraan bermotor.

“Saya jenuh di rumah, ingin  jalan-jalan, jadi ya  sepedaan saja sambil olahraga,” ujar Yuli salah seorang pesepeda yang memutuskan untuk keluar rumah bersepeda sembari berolahraga, Sabtu (27/6/20).

Yuli juga menambahkan alasannya bersepeda setelah diumumkan pemberlakuan new normal  dikarenakan selama pandemi dirinya kurang berolahraga. Masyarakat juga mulai bersepeda  di jalan  dilihat dari banyaknya postingan foto bersepeda di media sosial.

Semakin banyaknya orang bersepeda di jalan menyebabkan jalanan menjadi macet. Beberapa pengguna jalan khususnya pengguna kendaraan bermotor mengaku resah dengan para pengguna sepeda yang kurang menaati aturan saat di jalan.

Menurut Ari salah seorang pengguna sepeda motor, ramainya pengguna sepeda ini terjadi karena mulai banyak masyarakat yang ingin berolahraga di luar. Ramainya orang yang memposting foto di media sosial juga menyebabkan orang lain mulai tertarik untuk bersepeda.

Ari juga meminta bagi pengguna sepeda untuk tetap tertib berlalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

“Tolong buat para pesepeda tetap mengikuti aturan lalu lintas, lampu merah ya berhenti, lampu hijau baru jalan, bersepeda jangan menuhin jalan, jangan terlalu ke tengah. Takutnya ada kejadian yang tidak diinginkan,” tegas Ari (27/6/20).

Ari mengharapkan peran pemerintah dalam menertibkan pengguna sepeda di jalan. Menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan sepeda bukan merupakan kendaraan bermotor, jadi perlunya ketegasan dari pemerintah daerah dalam membuat peraturan terhadap pengguna sepeda.

Lawu Arunawang

Artikel ini merupakan latihan menulis dikelas jurnalistik Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FIP UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.