Kepribadian Siswa Cermin Masa Depannya

Siswa merupakan peserta didik yang ada di Sekolah yang sedang menempuh jalur pendidikan formal. Seorang siswa memiliki karakter yang berbeda-beda yang satu dengan yang lain. Perbedaan ini dapat dilihat dari prestasi, keaktifan dan tingkah laku sehari-hari yang dilakukan oleh siswa tersebut.

Kepribadian seseorang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda karena pada dasarnya individu itu merupakan makhluk yang unik. Dalam mengembangkan suatu potensi diri melalui bakat dan minat tidak mudah untuk dilakukan. Hal tersebut karena banyak siswa yang masih malas untuk mengembangkan apa yang mereka miliki ke dalam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Kegiatan ekstrakulikuler yang ada disekolah merupaan kegiatan yang diadakan oleh sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswanya agar dapat merealisasikan potensi yang ada sesuai dengan kemampuannya. Tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali siswa yang bersikap acuh tak acuh terhadap kegiatan ekstrakulikuler tersebut, padahal tanpa mereka sadari bahwa dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tersebut kemampuan mereka, potensi mereka bahkan bakat mereka dapat terlihat dan terasah. Rasa malas yang ada di dalam diri siswa menimbulkan suatu kebiasaan yang nantinya akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Kepribadian seseorang adalah cermin dari kebiasaan bertingkah laku, bersikap dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh seseorang. Kepribadian yang positif akan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari, sebaliknya jika kepribadian yang dimiliki oleh seseorang itu negatif maka cenderung dia akan bersikap negatif dalam kehidupan seharihari. Kepribadian yang kita miliki dapat kita kembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang menurut kita baik untuk dilakukan agar kepribadian kita menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

Kegiatan Estrakulikuler yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan untuk memperdalam kepribadian yang ada didalam diri kita. Kegiatan tersebut yang ada di sekolah antara lain adalah Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Basket, Voly, Seni Musik, Seni Tari dan lain sebagainya. Pengembangan kepribadian siswa berdasarkan ekatrakulikuler dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai macam kegiatan yang ada di sekolah dan bahkan sudah di sediakan. Dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tentu akan dapat mengembangkan kepribadian seorang siswa secara lebih luas karena dengan adanya ekstrakulikuler iswa dapat mengenal pengetahuan baru, teman baru dan ilmu baru. Apabila seorang siswa memiliki kepribadian yang tegas dan disiplin maka ekstrakulikuler yang sesuai dengan kepribadian siswa tersebut adalah mengikuti pramuka karena dengan mengikuti kegiatan pramuka kepribadian siswa tersebut akan lebih matang. Tetapi dapat juga kepribadian tersebut dikembangkan dengan ekstrakulikuler yang lain agar lebih banyak mendapat wawasan yang luas dan banyak tidak hanya di dalam kegiatan pramuka.

Kepribadian siswa juga berpacu pada tahap perkembangannya sesuai dengan tugas perkembangan yang sudah ada. Apabila siswa itu berada pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar maka siswa tersebut memiliki tugas perkembangan sesuai dengan usianya begitu juga selanjutnya Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMK)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bahkan sampat Perguruan Tinggi.

Kepribadian yang dikembangkan melalui jalan yang benar dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa melalui ekstrakulikuler maka akan membantu siswa mengembangkan kepribadiannya baik dalam bidak akademik maupun non akademik. Dengan adanya kepribadian yang dikembangkan melalui ekstrakulikuler sekolah maka dapat dengan mudah menggapai keinginan yang ingin dia capai melalui kepribadian diri yang baik dan nantinya akan terus digunakan sampai tercapai masa depan yang diinginkan.

Fildzah Syarafina Rahman, mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.