Kenali Kegunaan, Manfaat, Serta Harga GPS

GPS merupakan salah satu alat yang digunakan oleh banyak orang yang hidup di era yang sudah sangat modern ini. Kehadiran GPS menjadi salah satu hal yang membantu kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Dengan bantuan GPS, manusia bisa melakukan sesuatu dengan lebih mudah dan cepat. Harga GPS  yang merupakan kependekan dari Global Position System ini nyatanya memang tidak terlalu mahal di era sekarang. Oleh karena itu, patutlah jika banyak orang yang memilikinya.

Harga GPS berbeda-beda baik dari segi merk maupun dari segi fungsi yang dimilikinya. GPS sendiri merupakan salah satu teknologi yang sangat canggih yang bisa Anda gunakan untuk perangkat Smartphone yang menggunakan basis Android, Windows Phone, maupun operating system lainnya. Sistem navigasi ini merupakan sistem navigasi yang paling populer selama beberapa tahun ini. Nah, apa sebenarnya GPS itu dan bagaimana kegunaan dan cara kerja GPS?

Apa itu GPS dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebagai salah satu peralatan modern yang dibutuhkan oleh banyak orang di jaman sekarang, GPS merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nantinya akan membuat Anda semakin up to date dan bisa memanfaatkan teknologi di jaman yang telah berkembang. GPS adalah salah satu sistem navigasi yang didesain dengan sedemikian rupa sehingga bisa menyajikan posisi dalam cara yang instan.

Penyajian posisi yang ditunjukkan juga telah disertai dengan kecepatan yang luar biasa. Bahkan, hampir semua informasi mengenai waktu di seluruh belahan dunia dan dalam kondisi cuaca apapun bisa diketahui dengan menggunakan GPS. Harga GPS sekarang ini tidak perlu Anda risaukan karena Anda bisa menggunakan GPS melalui smartphone yang Anda miliki. Untuk menemukan sinyal, GPS menggunakan satelit yang bisa digunakan oleh semua penggunanya yang disebut dengan satelit tracker.

Cara kerja GPS sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dipelajari. Ini dikarenakan GPS sendiri merupakan salah satu sistem navigasi yang telah menggunakan beberapa satelit. Satelit-satelit tersebut sudah diluncurkan di ruang angkasa atau bisa disebut juga berada di orbit bumi. Saat ini, GPS sendiri telah memiliki 24 buah satelit yang berada di luar angkasa.

Semua satelit yang berada di ruang angkasa tersebut mampu memancarkan sinyalnya ke bumi dengan sempurna. Nantinya, satelit-satelit tersebut akan memancarkan sinyalnya ke bumi dan akan diterima oleh bagian penerima sinyal. Penerima sinyal ini seringkali disebut dengan GPS tracker seperti yang telah disebutkan diatas. Harga GPS yang seringkali masih dipertimbangkan ternyata memang sebanding dengan kemampuannya yang begitu pintar.

Dengan demikian, penggunaan GPS melibatkan beberapa bagian. Telah disimpulkan bahwa cara kerja GPS dibagi menjadi 3 bagian yang sangat penting. Bagian pertama dari sistem ini adalah bagian control GPS atau bagian segment. Bagian kedua adalah bagian yang berada di luar angkasa. Dan bagian yang terakhir adalah bagian yang digunakan oleh pengguna. Nah, apakah Anda ingin mengetahui tentang harga GPS? Namun sebelumnya,ketahui yuk fungsi dari GPS!

Fungsi GPS dan Harganya

Fungsi GPS merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui fungsi dari GPS, Anda pun bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Manfaat GPS terbagi menjadi beberapa poin. Nah, terdapat 5 fungsi utama yang dimiliki oleh GPS. Apa sajakah kelima fungsi utama dari GPS tersebut?

  1. GPS Untuk Sistem Navigasi

Harga GPS ini seperti dengan GPS lainnya yang cukup murah. Ini bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin berkendara dengan lebih nyaman. Biasanya, tracker untuk jenis GPS ini terpasang di kendaraan. Perjalanan yang akan dilakukan menjadi semakin nyaman karena arah dan tujuan dari jalan yang belum diketahui bisa ditunjukkan oleh GPS. Posisi kendaraan Anda pun bisa ditunjukkan oleh GPS Tersebut.

  1. GPS Untuk Militer

Berbeda dengan GPS sebelumnya, GPS ini digunakan untuk kepentingan militer. Ini bisa digunakan untuk mengetahui pertahanan musuh. Selain itu, GPS untuk militer bisa juga digunakan sebagai salah satu penuntun arah untuk mengetahui arah jatuhnya suatu bom. Harga GPS mungkin akan jauh lebih mahal.

  1. GPS Sistem Geografis

Jenis GPS yang selanjutnya ini digunakan untuk informasi keadaan geografis pada suatu peta. Selain itu, GPS ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengukur jarak dan perbatasan. Pembuatan peta dan pengukuran suatu wilayah tertentu bisa berjalan dengan lancar dengan menggunakan bantuan dari GPS ini.

  1. GPS untuk Memantau Gempa

Harga GPS dan macamnya memang sudah semakin berkembang saja. Anda pun bisa menemukan jenis GPS yang bisa digunakan untuk menghasilkan keakuratan dalam memantau suatu pergerakan tanah. Dengan demikian, prediksi gempa bumi yang akan terjadi di suatu wilayah tertentu pun bisa diketahui dari lebih awal. Jadi, informasi yang akan disampaikan menjadi lebih jelas.

  1. GPS untuk melacak kendaraan

GPS ini biasanya digunakan untuk mencari kendaraan yang telah hilang. Dengan mengetahui lokasi koordinat dari alat GPS yang telah terpasang dalam kendaraan tersebut, maka Anda bisa melakukan pencarian dari kendaraan yang telah hilang. Anda bisa mencari kendaraan tersebut melalu smartphone yang canggih atau dengan menggunakan peralatan lainnya. Harga GPS  jenis ini juga cukup standar rasanya.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis GPS yang penting untuk Anda ketahui. Dengan demikian, Anda bisa lebih paham tentang jenis GPS apakah yang Anda butuhkan dalam kehidupan Anda. Jenis GPS navigasi dan pelacakan kendaraan merupakan GPS yang seringkali dibutuhkan oleh banyak orang. Manfaat ini memang sungguh luar biasa yang bisa digunakan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-harinya.

Salah satu harga GPS  yang cukup murah adalah GPS tracker dengan tipe AUTOTRACK GPS Tracking i-228. GPS ini memiliki harga kurang dari 2 jutaan. Anda bisa mendapatkan fungsi pemantauan maupun fungsi pelacakan ketika menggunakan GPS jenis ini. Pengamanan yang dilakukan bisa mencangkup pencurian, batas kecepatan, batas wilayah, bahkan mendengar atau menyadap percakapan dari kendaraan yang telah dicuri.

Ada pula GPS Garmin 78s yang dijual dengan harga 5 jutaan. GPS ini memiliki barometric altimeter dan tampilan pemetaan yang lebih sempurna. Ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan waterproof. Kemampuannya ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Masih terdapat lagi jenis GPS lainnya yang bisa Anda beli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis GPS apakah yang akan Anda beli untuk kemudian mencari harga yang pas dan tipe yang pas.

Sekian informasi mengenai harga GPS, jenis-jenis GPS, serta fungsi dari GPS. Jaman yang semakin berkembang membuat semua orang harus siap dengan adanya kemajuan zaman. Dengan demikian, kemajuan jaman akan membantu kehidupan manusia. Kenali apa itu GPS dan manfaatkanlah kemampuannya untuk sesuatu yang akan membantu Anda.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *