Kemajuan Teknologi Permudah Pembelajaran Aktif

Pendidikan di Indonesia  saat ini sangat lah maju, sistem pembelajaran di Indonesia  sudah berfariasi . Dahulu kala sistem pembelajaran di Indonesia menggunakan metode ceramah dimana guru menerangkan pembelajaran kepada siswanya didepan kelas, dalam menerangkan materi guru masih menggunakan alat media yang sederhana seperti papan tulis hitam dan kapur.

Dengan berkembangnya zaman media papantulis hitam dan kapur telah berganti dan tergeser dengan media yang baru namun media tersebut hampir sama dengan media sebelumnya tetapi media ini lebih efisien yaitu dengan menggunakan media withboord dan menggunakan spidol.

Seiring dengan perkembangan zaman yang lebih pesat di dunia ini, yaitu masuknya teknologi informasi yang lebih canggih baik di dunia ekonomi, bisnis, dan pemerintahan. Dengan masuknya teknologi informasi tersebut semua informasi dapat kita cari dan kita dapatkan dengan mudah. Tidak hanya didunia ekonomi, bisnis, dan pemerintahan saja.

Kemajuan teknologi informasi pun masuk dalam dunia akademik atau pendidikan. Kemajuan teknologi itu dapat berupa alat canggih seperti smartphone, internet, computer yang dapat kita gunakan dalam mengakses informasi. Bahkan kemajuan teknologi dapat dinikmati kalangan masyarakat luas yang ada didunia ini, dengan kecangihan teknologi masyarakat dapat mengakses informasi – informasi terkini.

Dizaman kemajuan teknologi informasi, sekarang-sekarang  ini pemerintah dalam memajukan pendidikan mulai menggunakan teknologi informasi dalam melakukan pembelajaran, agar pendidikan di Indonesia maju, dengan teknologi yang canggih membuat informasi pembelajaran dapat kita peroleh dengan mudah.

Inovasi pembelajaran melalui teknologi informasi mulai dimanfaatkan di jenjang pendidikan apapun dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan PT semua menggunakan pemanfaatan teknologi.

Majunya teknologi dan informasi yang canggih dalam dunia pendidikan, guru atau dosen yang tadinya dalam memberikan proses pembelajaran menggunakan media papan tulis dan sepidol, kini proses pembelajarana menggunakan media leptop dan lcd dalam menerangkanya. Sehingga proses pembelajaran terlaksana dengan baik, dan efisien.

Sebelum majunya teknologi proses pembelajaran menggunakan metode ceramah kini dengan meningkatnya teknologi informasi metode mengajarnya pun mulai berubah, sekarang metode yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih ke CBSA, diaman siswa aktif dalam proses pembelajaran dan guru sebagai fasilitator.

Dalam proses pembelajaran CBSA siswa dituntut mencari materi sendiri, guru  hanya menyediakan referensi  melalui buku, nah dari system atau metode CBSA tersebut siswa dituntut mencari referensi materi, dengan majunya teknologi dan informasi siswa bisa memanfaatkan media internet untuk menambah referensi materi mereka yaitu  dari e-book dan jurnal.

Bahkan dalam proses belajar CBSA siswa dituntu melakukan presentasi, presentasi tersebut dapat menggunakan alat seperti lepot yang merupakan kemajuan dari kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi sangat mendukung dalam proses pembelajaran dengan metode CBSA. Memudahkan siswa dalam mencari informasi dan referensi-referensi tanpa harus pusing-pusing mencari informasi melalui buku yang terkadang sulit kita dapatkan.

Dalam CBSA penggunaan teknologi sangat dibutuhkan, teknologi dalam metode pembelajaran CBSA sangat berpengaruh karena CBSA lebih memanfaatkan alat teknologi, agar siswa lebih paham dalam mendapatkan ilmu. Teknologi dalam CBSA merupakan sebagai alat peraga dalam proses belajar, seperti powerpoint.

Powerpoint merupakan teknologi juga, powerpoint merupakan alat peraga dalam proses pembelajaran siswa. Dengan kemajuan teknologi tersebut siswa lebih jelas dalam memperoleh informasi dan memahami mata pelajarannya dibandingkan media dulu dengan papan tulis dan kapur.

Kemajuan teknologi dan informasi memberikan manfaat banyak bagi kehidupan manusia dalam memperoleh informasi.

– Aulia Dwikintari, mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.