Kelulusan SD Tetap pada Sekolah

DINAS Pendidikan Kota Semarang menyatakan kelulusan siswa sekolah dasar (SD) tetap diserahkan pada pihak sekolah, sama seperti tahun sebelumnya karena mekanismenya berbeda dengan SMP dan SMA.

“Mekanisme kelulusan SD masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni nilai kelulusan minimal diserahkan ke masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan, persyaratan siswa lulus, antara lain mendapatkan nilai minimal baik untuk mata pelajaran tertentu, seperti agama dan budi pekerti, kewarganegaraan, dan pendidikan jasmani dan seni.

Siswa, kata dia, harus mengikuti dan mendapatkan seluruh nilai pelajaran yang diujikan, dalam arti tidak boleh ada nilai pelajaran yang kosong, serta dinyatakan lulus ujian nasional (UN) dan ujian sekolah.

Berkaitan dengan kelulusan UN, ia menyebutkan rata-rata nilai mata ujian yang diujikan dalam UN minimal 5,5 dan nilai terendah untuk setiap pelajaran sebesar 4,0, namun maksimal hanya boleh untuk dua pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.