Paling Ketat, SPMP Kedokteran Undip Rp 25 Juta

FAKULTAS Kedokteran (FK) masih menjadi incaran utama calon mahasiswa yang ingin belajar di Undip. Meski tidak disertai data statistik, Rektor Undip Sudharto P Hadi menyebutkan bahwa tingkat persaingan di FK lah yang paling ketat. Jurusan lain yang paling diminati adalah hukum, akutansi, komunikasi, teknik komupter, teknik mesin, dan teknik industri.

Tidak hanya persaingan masuk yang ketat, Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) Jurusan di FK termasuk yang paling tinggi. SPMP Ilmu Dokter, sebagaimana diberitakan situs resmi Undip undip.ac.id kemarin, adalah Rp 25 juta, sama dengan SPMP Jurusan Keperawatan dan Ilmu Gizi.  Disusul, Jurusan Akuntansi dan Hukum Rp 15 juta, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Komputer masing-masing Rp 15 juta. Jurusan Komunikasi Rp 5 juta.

Biaya SPP semua jurusan dan program studi tiap semesternya seragam, yakni Rp 750 ribu. Demikian juga dengan biaya SPI, yakni Rp 2.250.000 sekali di awal masuk.  Sedangkan biaya Praktikum, Responsi dan Kegiatan Pendukung (PRKP) tiap semesternya beragam, antara Rp 125 ribu sampai Rp 1 juta, tergantung program studi yang dipilih. Sedangkan biaya Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) besarnya bervariasi antara Rp 5 juta sampai Rp 25 juta. PortalSemarang.com

3 Comments

  1. Agus

    July 15, 2011 at 4:29 am

    Siapa bilang 25 jt, adikku diterima diundip tehnik geologi spmp 50jt

  2. annisa

    February 9, 2012 at 1:16 pm

    katanya spmp buat membantu mahasiswa yg kurang mampu, tp buktinya temen2 sya yg kurang mampu tetap cruh byr spmp secara utuh tidak ad pengurangan.

  3. dafa fadika

    March 21, 2012 at 3:19 am

    aku pengen ambil dokter spesialis, tapi nyari2 informasi kok mahal banget ya biayanya ..
    bikin cita-cita ngga bisa digapai ajah 😮

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.