Kasus DBD Semarang Turun Segnifikan

ANTARA – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Semarang, Jawa Tengah, menurun signifikan sekitar 75 persen selama Januari-April 2011 dibandingkan dengan periode yang sama 2010.

“Pada Januari-April 2010 jumlah kasus DBD sebanyak 2.829 kasus dan periode yang sama 2011 menjadi 623 kasus,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Niken Widyah Hastuti di Semarang, Jumat.

Niken mengatakan penurunan kasus DBD tersebut dipengaruhi oleh perilaku masyarakat yang sudah bagus yakni menjaga kebersihan lingkungan.

“Pemberantasan sarang nyamuk lebih efektif jika dibandingkan dengan penyemprotan (fogging),” katanya.

Niken menambahkan bahwa Pemkot Semarang masih terus mewaspadai penyebaran penyakit DBD meskipun terjadi penurunan kasus DBD secara signifikan.

Sejumlah daerah yang masih memerlukan perhatian khusus karena masih terdapat kasus DBD di antaranya di Kelurahan Jangli, Kelurahan Sendangmulyo, Kelurahan Meteseh, dan Kelurahan Mangunharjo.

Ia menambahkan selain penyakit DBD, pada musim pancaroba, masyarakat juga diminta mewaspadai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti diare. PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.