Karawitan Mahasiswa Unnes Juara I Nasional

Tim karawitan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Puspa Candra, meraih juara I dalam Lomba Karawitan Antarperguruan Tinggi Non-seni yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI) di kampus Depok, Kamis (21/5).

Tim yang terdiri atas 15 mahasiswa itu membawakan Ladrang Wilujeng dan Lelagon Gugur Gunung Pelog Barang sebagai materi wajib serta Lelagon Swara Kewan Slendro Sanga sebagai gending komposisi. Juara II diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan juara III Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Juri lomba Nanang HP menyatakan aspek penilaian meliputi laras, leres, rempeg, dan penampilan.

“Dalam karawitan, permainan antara satu dengan yang lain sangat mempengaruhi estetika secara keseluruhan. Penampilan karawitan oleh mahasiswa jurusan nonseni harus diapresiasi karena main gamelan itu tidak mudah,” kata dia.

Perguruan tinggi lain yang turut serta antara lain Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Jember, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Brawijaya Jember, dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Lomba tersebut merupakan rangkaian Gebyar Wayang UI 2015.

“Sebuah capaian yang patut untuk diapresiasi dan mampu menjadi pemicu berkarya bagi mahasiswa lain,” kata Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.