Penting, Inilah Lima Karakter Guru Abad 21

Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi guru agar dapat melaksanakan tugasnya dalam masyarakat yang terus berubah. Menurut Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Menristek Dikti Dr Didin Wahidin MPd, ada lima ciri utama guru abad 21.

Pertama, guru harus memiliki semangat belajar. Kemauan ini diperlukan karena pengetahuan, tata nilai, dan kondisi masyarakat terus berubah.

Kedua, guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran yang efektif. Sebab, guru ada komunikator yang harus bisa menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Ketiga, guru harus menguasai teknologi pendidikan. Hal ini penting karena perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi belajar kini hampir seluruhnya menggunakan teknologi.

Keempat, guru tetap memiliki rasa empati. Tidak sekadar melaksanakan tugas mengajar, tetapi juga harus menjalin hubungan emosional dengan siswanya.

Kelima, dan barangkali terpenting, guru harus menjadikan dirinya orang yang layak diteladani siswa.

Didin menyampikan kelima hal itu saat menjadi nara sumber pada seminar nasional pendidikan “PPG Menjawab Tantangan Guru Profesional Masa Depan”, Selasa (19/1) di C7 Fakultas Ilmu Sosial Unnes kampus Sekaran Gunungpati.

Menurut Didin, guru memegang peran yang penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Jika guru memiliki kaulifikasi baik, pembelajaran akan berlangsung baik. Paralel dengan itu, jika pembelajaran baik maka kualitas pendidikan juga akan baik.

1 Comment

  1. cello

    April 30, 2017 at 2:57 am

    Belοw the ρrofesѕional guidance of skilled musician Louise
    King, the participants will find out in a ǥroup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.