Kapan Kota Lama Kembali Semarak?

 

PEMKOT Semarang bersama sejumlah pengusaha setempat mulai menghidupkan kawasan Kota Lama untuk kegiatan hiburan, wisata, dan bisnis.

Keramaian kawasan yang akrab dengan sebutan Little Netherlands itu ditandai dengan acara Semarang Heritage Dinner Party di Toko Oen Jalan Pemuda Kota Semarang, Minggu (11/3) malam.

Pada kesempatan ini, sejumlah pejabat Pemkot Semarang bersama para pemilik bangunan Kota Lama turut hadir untuk sama-sama mengembalikan kejayaan daerah ini sebagai kota pariwisata.

Acara yang diprakarsai oleh Oen Foundation bekerja sama dengan sebuah lembaga di Belanda itu juga disuguhkan penampilan Triba, kelompok grup musik aliran jazz dari Belanda. Selain itu,sejumlah foto bangunan di Kota Lama Semarang pada zaman dahulu diperlihatkan kepada pengunjung.

Ketua Oen Foundation Harini Krisniati menilai kawasan Kota Lama Semarang punya potensi besar untuk pengembangan pariwisata di ibu kota Jawa Tengah ini. Sayangnya,potensi tersebut dinilai kurang tersentuh.

“Oen Foundation akan bekerja sama dengan berbagai pihak demi komitmen membangun kembali kejayaan Kota Lama,”ujarnya.

Langkah informal sudah disampaikan kepada sejumlah pemilik bangunan di Kota Lama tersebut.Harapannya,2013 nanti bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk mendukung program Visit Jateng 2013 dan pada 2015 nanti bisa menjadi wisata dunia.

Sementara itu,Wali Kota Semarang Soemarmo HS berjanji memperbaiki destinasi wisata di kawasan Kota Lama.

“Dengan harapan, Kota Semarang tidak hanya terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa,tapi juga wisata,” ucapnya.

Soemarmo menegaskan untuk mengembangkan wisata tersebut butuh dukungan dari berbagai pihak. Ketua Pegiat Pariwisata Jawa Tengah Benk Mintosih mengutarakan, kawasan Kota Lama Semarang terkesan dibiarkan oleh pemerintah. Sebab, selama ini Kota Lama terlihat kurang terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.