Kalau Kamu Tinggal di Kos, Jangan Lakukan 7 Hal Ini

Keputusan untuk kuliah atau kerja di tempat yang jauh dari daerah asal yang antah-berantah, mau nggak mau ngeharusin kamu untuk ngekos atau tinggal di asrama. Kecuali kamu anaknya tukang minyak jelantah, jadi dengan mudah dibeliin rumah. Ada yang nge-kos di tempat yang murah meriah, namun ada juga yang milih nyari kos yang megah mewah.

Apapun pilihan kamu, ada kesamaannya, yaitu di tempat kos berarti kamu harus hidup bareng orang laen. Orang yang sebelumnya kamu belum pernah ketemu, gimana sifatnya, gimana kebiasaannya, sehingga mau nggak mau ada hal-hal yang harus dikompromikan. Terlebih lagi bila duitmu rada cekak, jadi harus nge-kos sekamar berdua, bertiga, atau lebih dari itu.

Nah, kalau itu kondisi kamu. Jangan lakukan 7 hal ini kalau kamu gak mau dijauhi teman kos.

1. Makan Pete / Jengkol

Oke, kamu doyan makan pete atau jengkol. Bahkan itu hidangan favorit yang bias bikin kamu merem melek kenikmatan. Tapi kalo kamu tinggal sama orang lain, dan berbagi kamar mandi, tahan diri deh untuk nggak makan pete / jengkol. Karena kalau pipis, tentu saja baunya akan menebarkan aroma yang bias bikin pingsan tikus werog sekalipun.

2. Ngompol

Untuk beberapa orang, menahan pipis di saat tidur susahu ntuk dilakukan. Apalagi kalau kamu tidurnya kebo.Jadi ada bagusnya kamu pake pampers sebelum tidur. Jangan sampai temen sekamarmu menggelinjang kaget mendapati kasur yang basah, seperti habis mimpi indah.

3. Mendengkur

Ga hanya cowok, cewek pun ada yang tidurnya mendengkur. Bisa gak bayangin perasaan temen sekamarmu yang selalu begadang tiap malam tiada gunanya, gegara suara dengkuranmu yang maha dahsyat. Ada beberapa alternative biartidurmu nggak mendengkur.Kamu bias coba tidur miring, mempleste rmulut, atau tidur pake helm. Gak percaya? Coba dulu deh.

4. Menyanyi

Kamu haru stahu diri bahwa tidak semua orang dikaruniai suara yang indah. Kalau di ruma hterbiasa teriak-teriak nggak jelas di sembarang tempat dan menganggap itu menyanyi, maka saat nge-kos kamu hanya boleh menyanyi di kama rmandi aja. Karena di sana satu-satunya tempat dengan efek gema/ reverb yang bias memanipulasi suaramu sehingga terdengar merdu. Itu pun sebaiknya dengan volume yang rendah.

5. Sakit

Anak kos dilarang sakit. Apalagi kalau kamu miskin. Karena kalau sakit kamu bias ngerepotin penghuni kos yang laen. Nggak mungkin kan kamu maksa mereka untuk nyuapin makan, ngedongengin menjelang tidur atau bahkan mandiin.Kamu kan sudah bukan bayi.

6. Dugem

Meskipun nge-kos itu jauh dari pengawasan orang tua, tapi bukan berarti kamu bias dugem tiap malem. Karena selaen ngabisin duit, dijamin kamu bakal ngantuk keesokan paginya. Akibatnya, males kuliah.

Kalau kamu orangnya susah tidur, atau punya insomnia carilah kegiatan laen yang lebih positif dan mendapatkan hasil ekonomi. Misalnya, jadi satpam di took kelontong sebelah atau jaga kamar mayat. Hehe.

7. Egois

Jadi orang jangan egois, alias seenak udel sendiri. Meskipun belum jelas juga udel itu enak apa enggak. Cobalah memahami dan menghargai orang lain. Ada kalanya kamu perlun galah. Misalnya saat kalian pengin nonton tivi. Yang satu penginn onton sinetron lebai, yang laennya pengi nnonton dunia dalam berita.Pilihlah tontonan yang paling member manfaat, seperti misalnya iklan obat panu.Yang pasti, selalu ingatlah, kalian hidup bersama di perantauan, bukan di hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.