Kalau Kamu Terpelajar, Jangan Lakukan 10 Hal Ini di Jalan

Keterpelajaran seseorang, idealnya, tergambarkan dalam tingkat laku. Seseorang yang terdidik, idealnya juga, bisa nunjukin sikap yang lebih arif dalam menghadapi persoalan.

Kalau “keterpelajaran” ternyata tidak tercermin dalam perilaku, kita perlu tanyakan lagi: apakah keterpelajaran itu betulan. Atau, jangan-jangan cuma keterpelajaran palsu?

Ada sepuluh perilaku di jalanan yang bisa kamu pakai untuk mencari tahu itu. Kalau kamu terpelajar, jangan lakukan 10 hal ini. Selain mengganggu orang lain, kamu akan dianggap kampungan.

1. Menyerobot Jalur Kanan

Pernah alami gak, saat berhenti di trafiic light, kamu sudah berhenti sesuai garis. Eh, dengan pedenya ada orang yang berhenti di kanan kamu.

Meski sederhana, tindakan itu sangat tidak patut. Ini akan menyulitkan pengendara lain yang datang dari arah berlawan. Kalau itu dilakukan di jalanan yang sempit, itu bisa bikin macet.

2. Melewati Garis Marka

Nunggu emang kerjaan yang ngebosenin. Begitu juga saat nunggu lampu hijau. Tapi alasan itu tidak bisa digunakan untuk melewati marka jalan. Nyusahin penyeberang jalan.

3. Buang Sampah lewat Jendela Mobil

Kalau kamu ngiat orang yang nglakui ini, please, perhatiin deh orangnya. Mereka pasti kelas menengah baru yang baru ngrasain naik mobil. Kenapa gak sediain tempat sampah di mobil sih? Kalau keranjang terasa mahal, kan bisa pakai plastic.

4. Meludah dari  Kendaraan

Saat sesorang memacu motor dan buang sesuatu, yang dibuang itu pasti jatuhnya ke belakang. Bayangin, kalau ada yang meludah dari motor dan kena celana kamu? Ikh…

5. Terlalu Sering Membunyikan Klakson

Sabar kenapa sih? Kalau emang lagi macet, jangan nambah-nambahi masalah sambil bunyiin klakson. Gak Cuma kamu yang menderita kok.

6. Menerabas Lampu Merah

Kalau ini bukan Cuma tidak terpelajar. Ini pelanggaran berat. Kalau emang gak takut tilang polisi, please deh jangan bahayakan pengguna jalan lain. Kalau kenapa-kenapa di jalan, repot!

7. Zigzag

Nyetir zigzag, teruma abuat pengendara roda dua, bikin orang yang di belakang kaget setengah mati. Kalau repsonnya telat, bisa ketabrak lho.

8. Memaksa Lewat saat Ada Penyeberang

Jadi pejalan kaki tuh kasihan lho. Udah jalanan kota sekarang panas, trotoar di rampas pedgang, mau menyeberang jalan juga musti nunggu. Jangan bikin tambah susah dengan main serobot. Berhenti 5 atau 10 detik gak ada ruginya.

9. Tak Mau Antri di SPBU

Tiap-tiap SPBU udah atur supaya antri. Jangan main serobot. Kalau ada yang ngalkuin itu, siap-siap aja disurakin.

10. Pakai Knalpot Bobok

Kalau kamu ngras punya bakat jadi pembalap, please deh salurkan di sirkuit. Jangan sesekali pakai motor racing yang pakai knalpot bobok di jalanan. Bikin pusing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.