Kabar Baik, Unnes Membutuhkan Tambahan 600 Dosen

Rasio jumlah dosen dan mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum ideal. Perbandingannya masih 1: 30 untuk program IPA dan 1:45 untuk program IPS. Agar rasio menjadi ideal, Unnes membutuhkan tambahan 600 dosen lagi.

Angka 600 muncul karena saat ini Unnes memiliki setidaknya 36.000 mahasiswa. Adapun jumlah dosen yang dimiliki 1.148  orang. Padahal jumlah idealnya, Unnes harus memiliki 1.800-an dosen.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono mengungkapkan, pihaknya akan berupaya supaya rasio tersebut dapat diturunkan. Caranya adalah melakukan penataan home base dosen dengan mengikuti produk terbaru dari Kementerian Dikti yakni “Penetapan Registrasi Pendidik”.

“Kita ingin rasio itu ideal misalnya untuk  IPA 1:20 atau 1:25 dan IPS 1:30 atau 1:35. Jangan sampai maksimal,” katanya dalam rapar koordinasi bidang akademik yang didikuti wakil dekan bidang akademik dan Direktur Pascasarjana, Rabu (13/1).

Selain berdampak terhadap pelaksanaan pembelajaran, rasio dosen dan mahasiswa kini menjadi aspek penting yang mempengaruhi akreditasi.

“Kalau dosennya kurang maka akreditasinya tidak bisa A. maka dosennya harus cukup memadai harus bergelar doktor dan sebagainya supaya mengisi borang untuk kebutuhan dosen dalam akreditasi terpenuhi,” katanya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.