Jl Pawiyatan Luhur Ambles Lagi

GAJAHMUNGKUR- Jalan Pawiyatan Luhur yang berada di daerah Bendanduwur, Gajahmungkur kondisinya membahayakan pengguna jalan. Pasalnya, selain ada kerusakaan di beberapa titik, ada pula yang ambles cukup dalam. Kerusakan terparah di jalur Sampangan – Jatingaleh itu terjadi di depan kampus Untag, jalan ambles hingga 50 cm. Selain itu, aspal juga mengelupas di ruas jalan sepanjang 100 meter ke arah timur (Jatingaleh).

Berdasarkan pantauan, Minggu (6/3), kendaraan yang lewat harus melambat di jalan yang ambles tersebut untuk menghindari kecelakaan. Akibatnya, saat jam sibuk arus lalu lintas sering tersendat.

Wahyanto (41), sopir angkot jurusan Unnes – Jatingaleh mengungkapkan, kerusakan jalan tersebut membuat pengendara motor maupun mobil tidak nyaman. “Jalan sehabis Untag menukik, sehingga harus hati-hati. Kadang saya harus antre melewati jalan yang ambles itu,” katanya.

Dikatakan, Jalan Pawiyatan Luhur memang harus segera diperbaiki. “Di sini lalu lintas sangat ramai. Kondisi ini berbahaya, terutama bagi angkot dan bus yang membawa penumpang.”
Wahyanto mengungkapkan, nasib naas dialami rekannya sesama sopir angkot ketika lewat jalan tersebut, karena as roda mobil patah. “Untung tidak sampai terguling, tapi hal itu membuat jalan macet,” tutur dia.

Makan Korban

Berdasarkan keterangan beberapa warga Talangsari, kerusakan jalan tersebut sering memakan korban, terutama pengendara motor. Selain itu, ada pula bus dari arah Unika tidak kuat menanjak dan terperosok.
“Biasanya pengendara yang dari arah Sampangan kencang saat menanjak. Mereka tidak tahu kalau jalan ambles ketika turunan. Kan jalan di depan Untag menanjak, lalu  tiba-tiba menukik,” terang Yudi (27).

Isnaeni (23), mahasiswa Unika yang melintas di jalan tersebut harus berjalan ke tengah untuk menghindari retakan aspal.
Menurut dia, ruas jalan ini memang sudah kerap rusak akibat tanah yang labil. Beberapa kali diperbaiki, namun ambles lagi.

’’Meski rusak, saya tetap lewat jalur pintas menuju kampus dari kosnya di Jl Dewi Sartika. Yah bagaimana lagi, ini memang jalur terdekat ke kampus.î
Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Kota, Mochamad Solichin mengatakan, perbaikan Jalan Pawiyatan Luhur sudah dianggarkan tahun ini. Pihaknya telah menunjuk rekanan untuk segera memperbaiki. “Anggaran yang disediakan Rp 75 juta. Akhir bulan ini mulai dikerjakan,” kata Solichin.

Dia mengakui tanah yang yang labil di sekitar ruas jalan tersebut memang menjadi kendala. “Ada beberapa jalan yang berada di tanah yang labil. Seperti jalan di Sekaran, kami berusaha memperbaiki,” katanya. (adj-16)

Source : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/03/07/139039/Jl-Pawiyatan-Luhur-Ambles-Lagi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.