Jika Terluka, Benar di Perban atau Dibiarkan Terbuka? Berikut Ulasannya!

tips luka

Jika membicarakan mengenai luka, hampir semua orang pernah merasakan yang namanya luka pada beberapa bagian anggota tubuh. Baik kepala, wajah, tangan, perut, kaki, ataupun bagian tubuh lainnya. Salah satu yang sering yaitu luka jari terpotong pisau dialami saat berada dirumah, seperti para ibu yang sedang memasak ataupun melakukan kegiatan dengan pisau lainnya. Umumnya pengobatan dilakukan dengan menggunakan obat merah ataupun pertolongan pertama menggunakan plester untuk menghindari terjadinya infeksi berlebih.

Baik itu luka yang terjadi hanya kecil akibat pisau tetapi jika tidak segera diobati pasti akan mengalami banyak sekali masalah. Misalnya saja seperti yang telah dikatakan diatas yaitu mengalami infeksi. Namun jika ditutup dengan kasa ataupun lainnya, sering sekali justru tidak segera sembuh dan sulit kering. Jika sudah seperti itu, bagaimana baiknya jika mengatasi luka apakah ditutup atau dibiarkan terbuka. Untuk lebih pastinya, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama tentu saja menghentikan pendarahan yang ada pada luka terlebih dahulu, jangan sampai darah terus mengalir.
  2. Setelah itu, barulah bersihkan luka dari berbagai kotoran sehingga meminimalisir terjadinya infeksi, kotor ataupun lecet yang mengakibatkan luka semakin parah.
  3. Jahit atau gunakan obat luka tidak lengket di kasa yang aman, tetapi ini tergantung dari jenis luka terlebih dahulu. Jika memang parah dan besar, alangkah baiknya segera kunjungi dokter dan meminta periksa lebih lanjut lagi.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan ketika mengalami masalah pada tangan, kaki ataupun lainnya dan menyebabkan luka. Meskipun hanya terkena pisau tetapi jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan masalah yang lebih besar. Hal ini tentu saja karena luka itu membuat kulit terbuka dan bisa saja kotoran masuk lalu menyebabkan infeksi. Makanya untuk menghindari hal tersebut ada baiknya ditutup jika diperlukan. Umumnya dokter juga akan memberikan solusi yang tepat seperti apa, apalagi jika luka yang terjadi besar. Sekian, semoga sedikit ulasan diatas dapat memberikan manfaat besar untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.