Jika Ingin Melahirkan Normal, Ini 8 Hal yang Perlu Dipersiapkan!

Sudah bayangin gendong adik bayi? Sabar dulu. Ngomong-ngomong sudah berapa bulan kehamilannya? Apakah satu bulan, dua bulan, tiga bulan, atau lebih dari empat bulan?

Hingga nanti proses persalinan itu terjadi, kamu perlu lakukan persiapan lebih dulu. Ada banyak hal yang perlu kamu pelajari supaya nantinya janin bisa lahir selamat dan sehat.

Kalau kamu ingin melahirkan secara normal, tips berikut ini bisa membantumu untuk mempersiapkannya.

1. Pelajari tahapan kehamilan hingga melahirkan
Hingga 9 bulan nanti banyak tahapan perkembangan kehamilan yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mempelajarinya. Bisa dari buku atau internet.

Cari informasi yang memang kamu perlukan. Misalnya baca artikel tentang persiapan melahirkan normal, apa saja yang perlu diperlukan saat proses persalinan dan sejenisnya.

2. Makanan apa yang boleh dikonsumsi ibu hamil
Apa saja makanan yang boleh dimakan oleh ibu hamil. Juga kamu perlu tahu apa saja pantangan makanan bagi bumil. Tujuannya tentu agar adik bayi serta ibu hamil bisa selalu dalam keadaan sehat.

3. Aktivitas yang boleh dilakukan
Kamu perlu tahu juga apa saja aktivitas yang boleh dilkaukan oleh bunda yangs sedang hamil. yang pasti, hindari bumil terlalu capek sebab dikhawatirkan bisa mengganggu proses kehamilan.

4. Belajar teknik mengejan
Mulai pelajari bagaimana teknik mengejan yang benar. Ini berguna saat ibu hamil nantinya melakukan proses persalinan. Bumil bisa berlatih dengan cara menarik nafas yang panjang lalu setelah itu mengembuskannya.

5. Belajar cara mengatur penafasan
Saat hamil itu ibu perlu sering-sering latihan pernafasan. bisa tiap pagi atau sore hari. Dengan pernafasan yang kuat itu akan sangat membantu untuk memperlancar saat proses melahirkan.

6. Perbanyak sujud
Bagi bunda yang muslim, usahakan deh saat sholat sujudnya diperlama. Ini sangat membantu agar posisi adik bayi bisa berada di tempat yang tepat. Bagi yang beragama lain, bisa latihan dengan mengambil posisi sujud selama beberapa menit setiap hari.

7. Rileks dan tenang
Usahakan kondisi psikis selalu dalam keadaan baik. Sekalipun kalau ketika hamil itu bawaannya gampang baper, tapi coba tenangkan diri. Bisa dengan rajin ibadah sambil selalu menjag positive thinking.

8. Siapkan dimana nantinya akan melahirkan normal
Seperti dengan menentukan bidan, dokter atau rumah sakit yang akan dijadikan tempat persalinan. Simpan juga no kontak dari bidan atau dokter tersebut. Sehingga misalnya ada kondisi yang urgen, kita bisa cepat menghubunginya.

Nah itulah hal-hal yang perlu dilakukan untuk persiapan melahirkan secara normal. Yuk praktekkan!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *