Jenis RAM Pada Teknologi Komputer

Teknologi sekarang ini memang sudah semakin maju dan juga berkembang secara pesat sehingga tak heran jika banyak teknologi yang terbaru dalam menunjang setiap kegiatan, salah satunya adalah perangkat komputer yang mana selain komputer juga terdapat notebook yang lebih praktis sehingga dapat dibawa kemana – mana. Notebook ini sendiri nantinya akan sangat menunjang aktivitas sehari – hari dari seseorang. Perangkat komputer sendiri memiliki beberapa bagian baik itu pada software maupun hardware.

Terlebih lagi pada bagian hardware yang mana terdapat salah satu bagian yang bisa dibilang sangat penting, dan bagian tersebut adalah RAM. RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi penting yang ada dalam susunan mainboard pada komputer / PC. Jika tidak ada RAM, maka nantinya komputer tidak akan dapat menjalankan akses data dari setiap tindakan yang mana diperintahkan oleh pengguna. Pada dasarnya fungsi inti RAM sendiri adalah untuk menyimpan data sementara secara random yang berasal dari setiap aplikasi yang digunakan oleh pengguna.

Selain itu juga untuk menyimpan instruksi sementara yang berasal dari komputer untuk bisa mengeluarkan ke output device,dalam artian, program yang sudah terinstall pada harddisk, nantinya akan dipanggil ke RAM dan kemudian akan dieksekusi lalu dikeluarkan sebagai hasil yang sudah tereksekusi tersebut sesuai dengan fungsi aplikasi tersebut. Jika aplikasi ataupun program yang dijalankan pengguna komputer semakin banyak, maka nantinya akan semakin besar juga lalu lintas yang terjadi pada RAM tersebut. Jika kapasitas dari RAM tersebut tidak sebanding dengan jumlah program yang dijalankan, maka nantinya komputer akan mengalami masalah seperti lemot atau lag.

Seiring dengan perkembangan perangkat keras pada komputer, maka di setiap komponen yang mana terkandung di dalam golongan perangkat keras akan terus dikembangkan dan juga selalu ada versi yang baru. Pada dasarnya semua jenis RAM memang memiliki tujuan dan fungsi yang sama, namun jika terdapat versi yang baru, tentu saja berarti kemampuan dari RAM nantinya juga akan lebih stabil jika dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Jenis RAM sendiri tentu saja bermacam – macam, dan berikut ini adalah beberapa jenis RAM jika dilihat dari hasil pengembangan dengan versi sebelumnya ke versi yang terbaru:

DRAM

Jenis RAM yang pertama adalah DRAM atau Dynamic Random Access Memory, DRAM ini sendiri merupakan memori semikonduktor yang mana membutuhkan kapasitor sebagai suatu tumpuan untuk bisa memperbarui data yang ada di dalamnya. Jenis dari RAM ini sendiri sendiri memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan EDO RAM atau Extended Data Out Random Access Memory. Tetapi jika dibandingkan dengan SRAM atau Static Random Access Memory masih lebih rendah. Di dalam susunannya sendiri, DRAM ini hanya membutuhkan satu transistor dan juga kapasitor / bit saja, dengan demikian dapat memiliki kepadatan yang tinggi. DRAM ini juga memiliki frekuensi kerja yang cukup bervariasi, antara 4,77MHz sampai dengan 40MHz.

EDORAM

Kemudian yang kedua adalah EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory, jenis RAM ini sendiri mempunyai kemampuan untuk akses dan juga transfer data yang mana lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis RAM yang biasanya. Slot memori dari EDORAM ini sendiri adalah 72 pin. Bentuk dari EDORAm ini sendiri lebih panjang jika dibandingkan dengan RAM yaitu dengan bentuk Single Inline Memory Modul atau SIMM dan memiliki kecepatan 66MHz lebih.

SRAM

Lalu yang ketiga adalah SRAM atau Static Random Access Memory yang merupakan jenis RAM yang mana terbuat dari semacam semikonduktor dan tidak membutuhkan kapasitor serta tidak membutuhkan penyegaran secara berkala dengan demikian dapat lebih cepat. Tetapi SRAM ini sendiri memiliki kekurangan yaitu biaya produksi yang mahal sehingga memang tersedia hanya dalam kapasitas kcil serta menangani beberapa bagian yang memang benar – benar penting.

SDRAM

Yang keempat adalah SDRAM atau Sychronous Dynamic Random Access Memory yang merupakan jenis RAM yang mana merupakan kelanjutan dari DRAM. Tetapi memang sudah disinkronisasi oleh clock sistem serta memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan DRAM. RAM ini juga sangat cocok untuk digunakan pada sistem yang memiliki bus serta memiliki kecepatan sampai dengan 100MHz.

RDRAM

Jenis RAM yang kelima adalah RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory, RAM jenis ini juga memiliki kecepatan yang bisa dibilang sangat tinggi, RAM ini juga pertama kali digunakan untuk komputer yang memiliki prosesor pentium 4. Kemudian untuk slot memori untuk RDRAM ini sendiri adalah 184 pin. Bentuk dari RDAM ini juga Rate Inline Memory Modul atau RIMM. Lalu untuk kecepatannya sendiri juga cukup tinggi yaitu sampai dengan 800MHz.

FPM DRAM

Lalu jenis RAM yang keenam adalah FPM DRAM atau First Page Mode DRAM, jenis RAM ini merupakan sebuah bentuk asli dari DRAM. Laju dari transfer maksimum untuk cache L2 ini mampu mendekati 176 MB per detiknya. FPM ini sendiri bekerja pada rentang frekuensi 16MHz dan juga dengan access time sekitar 50ns.

SO-DIMM

Selanjutnya ada jenis RAM SO-DIMM atau Small Outline Dual In-Line Memory Module, RAM ini sendiri merupakan jenis memory yang mana digunakan pada perangkat notebook. Bentuk dari fisik SO-DIMM ini sendiri setengah dari besar DDR yang biasa, dengan demikian bisa lebih menghemat ruang yang tentu saja sangat berharga pada perangkat mobile seperti perangkat notebook ini. Perkembangan dari generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan suatu perkembangan RAM untuk komputer desktop. Pada saat DDR3 SDRAM ini diluncurkan di pasaranm DDR3 SO-DIMM ini juga ikut diluncurkan. Modul tersebut juga menggunakan slot yang mempunyai 204 pin.

VGRAM

Selain itu ada juga VGRAM atau Video Graphic Random Access Memory, VGRAM ini sendiri merupakan jenis RAM yang mana digunakan untuk bisa menyimpan kandungan pixel untuk sebuah paparan grafik. Penggunan dari cip VGRAM ini sendiri nntinya akan memberikn suatu prestasi video yang baik serta mengurangi tekanan yang ada pada CPU.

Jadi RAM sendiri memang tersedia dalam beberapa jenis, dengan demikian tentu saja nantinya Anda bisa membeli RAM tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki. Hal tersebut perlu disesuaikan karena memang tidak semua jenis dari RAM tersebut dapat dipasang dalam semua perangkat, selain itu karena harga dari RAM sendiri bervariasi, maka budget dari setiap orang berbeda bukan? Sesuai dengan perkembangan zaman serta teknologi, komponen dari hardware tentu saja selalu dikembangkan dan juga selalu terdapat versi yang terbaru atau terupdate untuk bisa mengimbangi proses dari kinerja manusia yang mana semakin hari tentu saja semakin membutuhkan akses komputer yang cepat. Dan untuk menunjang akses komputer yang cepat tersebut sudah terdapat RAM dengan beberapa jenis yang mana disesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *