Jelang Ramadan, Balai Bahasa Jawa Tengah Gelar Pengajian di Musala Al Huda

Umat Islam di dunia akan menjalani ibadah puasa Ramadan tahun 1443 H. Untuk menyambut Ramadan tahun ini, Musala Al Huda Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) menggelar pengajian bertema “Bulan Ramadan Waktu Tepat Tingkatkan Kualitas Ibadah” pada Jumat, 1 April 2022. Kegiatan tersebut menghadirkan dosen Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Ustaz Ma’as Shobirin, S.Ag., M.Pd.

Ketua Takmir Musala Al Huda, Slamet Priyono, S.E., mengatakan bahwa takmir berharap pengajian menjelang Ramadan 1443 H ini mampu mengisi rohani jamaah agar bersiap menghadapi bulan suci Ramadan dengan baik. Dengan persiapan yang baik, diharapkan bulan Ramadan bisa menghadirkan rahmat, hidayah, dan keutamaan.

“Kami mengajak teman-teman untuk mempersiapkan diri dalam mengisi bulan Ramadan dengan kesiapan lahir batin. Untuk itu, kami isi persiapan Ramadan ini dengan menyelenggarakan pengajian,” kata Slamet di Musala Al Huda BBPJT pada Jumat, 1 April 2022.

Sementara itu, dalam ceramahnya, Ma’as Shobirin menyatakan bahwa bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh keutamaan. Untuk itu, dia mengajak jamaah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas amalan ibadah pada bulan suci ini.

“Kalau biasanya salat kita hanya sebatas salat fardu, pada bulan suci ini kita harus bisa meningkatkan dengan menambah salat sunah. Kalau biasanya jarang salat berjamaah, mari kita tingkatkan kualitas salat kita dengan salat berjamaah, syukur bisa salat berjamaah dalam lima waktu,” jelas Ma’as Shobirin.

Dalam setiap amalan ibadah, lanjut Ma’as Shobirin, masing-masing diri kita harus bisa melakukan ibadah yang khusus atau spesial, yang tidak pernah atau belum pernah dilakukan pada bulan sebelum Ramadan. Bulan suci nan spesial ini harus diisi dengan ibadah yang khusus dan spesial juga.

“Mari kita isi bulan penuh rahmat ini dengan amalan-amalan ibadah yang khusus. Misalnya, kalau bacaan Al-Qur’an sebelumnya kurang sempurna, mari kita sempurnakan bacaab kit aitu pada bulan Ramadan ini. Dengan begitu, ada peningkatan kualitas ibadah kita, selain peningkatan secara kuantias,” tambahnya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, mengajak jamaah Musala Al Huda yang juga kebanyakan pegawai Balai Bahasa agar mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Dia mengajak jamaah untuk mengisi waktu usai salat duhur dengan kultum dari para jamaah.

“Rekan-rekan kami ajak untuk senantiasa mengisi bulan suci ini dengan amal ibadah yang bermanfaat. Tidak terasa kita sudah sampai bulan Ramadan lagi, mari bergembira menyambut bulan suci ini dengan meningkatkan ibadah kita,” ungkap Ganjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.