Inovasi Pembelajaran Selama Pandemi, Dosen FT Unnes Ujicobakan Aplikasi Android Pembelajaran Bahasa Inggris

Tim dari Dosen Fakultas Teknik UNNES yang tergabung dalam Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. -Ing. Dhidik Prastiyanto, S.T, M.T., telah melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi yang telah dibuat dan diujicobakan di SMA Negeri 1 Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

Tim yang beranggotakan Ahmad Fashiha Hastawan S.T., M.Eng., Alfa Faridh Suni, S.T., M.T., dan Izzati Gemi Seinsiani, M.Hum., menggandeng dua mahasiswa yang bernama Hanrian Rossa dan Prawidana Kurniawan telah menyelesaikan pengabdiannya pada tanggal 18 Agustus 2020.

Aplikasi Android Media Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Inggris yang dibuat merupakan hasil solusi yang dibutuhkan oleh Mitra Pengabdian, SMA Negeri 1 Pringsurat selama masa pandemi Covid-19.

Program pengabdian ini diselenggarakan guna untuk meningkakan daya tarik peserta didik dalam menguasai materi bahasa inggris berkaitan dengan tenses, dan memudahkan proses belajar mengajar melalui aplikasi yang telah dibuat. Aplikasi yang dikembangkan berisi materi dan kuis struktur tenses Bahasa Inggris. Tujuan dari aplikasi ini digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi belajar.

“Media pembelajaran interaktif ini diharapkan mempermudah memahami materi, menghafal rumus tenses, dan mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik jenjang SMA, baik secara materi maupun evaluasi guna mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Kami selaku tim pengabdian berkomitmen kuat untuk menjalin kerjasama dengan pihak SMA Negeri 1 Pringsurat untuk membuat inovasi yang dapat bermanfaat dalam pembelajaran jarak jauh dalam masa pendemi ini” ungkap Dr. -Ing. Dhidik Prastiyanto, S.T, M.T. selaku Ketua Tim.

Rangkaian acara sosialisasi konsep dasar Bahasa inggris mendapatkan respon hangat dari lingkungan sekolah SMAN 1 Pringsurat. “Rangkaian acara sosialisasi ini diawali dengan sambutan pihak sekolah dan pihak UNNES, kemudian puncak acara adalah sosialisasi penggunaan media pembelajaran berbasis android berkaitan dengan konsep dasar bahasa inggris, acara berlangsung dengan lancar dan penuh antusias peserta, ” kata Ahmad Fashiha Hastawan S.T., M.Eng.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat bagi peserta didik dan memudahkan pendidik dalam penyampaian materi di saat belajar dirumah.

“Pada masa pandemi sosialisasi ini sangat berperan dalam meningkatkan proses pembelajaran bagi tenaga pendidik dan peserta didik, diharapkan acara ini dapat menjadikan sebuah contoh bagi civitas akademik untuk berusaha memberikan sumbangsih pendidikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan Negara” ujar kepala sekolah SMAN 1 Pringsurat, Ibu Miftah Nindya Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.