Inilah Takaran Susu Formula yang Cocok untuk Bayi

Pemberian ASI eksklusif dari usia 0 hingga 3 bulan masih terasa sulit bagi sebagian orangtua, apalagi jika terjadi permasalahan pada produksi ASI. Dengan demikian pemberian susu formula sejak usia 0 tahun menjadi keputusan terakhir untuk mencukupi nutrisi bayi.

Berikan takaran susu formula terbaik untuk bayi 0-3 bulan yang tepat guna menghindari gangguan kesehatan seperti diare dan muntah, caranya dengan perhatikan jumlah dan cara penyajian dengan ukuran pas untuk nutrisi yang tepat.

Kapan Jadwal Bayi Minum Susu Formula?

Peran orangtua dalam memahami jadwal minum susu formula ditentukan dengan keinginan bayi itu sendiri. Caranya adalah melakukan beragam percobaan seperti bayi tidak menangis atau berontak saat botol ditarik keluar, begitupun sebaliknya ketika bayi merasa lapar. Akan tetapi berikan susu formula secara bertahap dan sesuai aturan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Bayi Baru Lahir atau Newborn

Pada usia dari 0 sampai 1 bulan bayi hanya membutuhkan susu formula sebanyak 45 hingga 90 ml saja untuk 2 atau 3 jam sekali.

Bayi Usia 2 Bulan

Pada usia hingga 2 bulan bayi akan membutuhkan susu formula sebanyak 120 hingga 250 ml untuk 3 atau 4 jam sekali. Terjadi peningkatan secara bertahap sebagai pertanda bahwa bayi memiliki perkembangan yang baik dengan ukuran lambung sesuai tahap usianya saat ini.

Bayi Usia 4 Bulan

Setelah bayi memiliki takaran susu formula bayi 0-3 bulan yang cenderung sama dalam perpindahan waktu lebih sedikit. Namun perkembangan bayi akan berubah saat berusia 4 bulan, mampu menghabiskan 120 hingga 180 ml setiap kali menyusui. Anda bisa sesuaikan jadwal minum susu dengan ukuran tubuhnya. Bayi dengan berat badan yang besar mampu menghabiskan lebih banyak susu formula dibandingkan dengan bayi yang memiliki berat badan yang kecil.

Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan bayi akan membutuhkan susu formula sebanyak 180 hingga 230 ml untuk satu kali menyusui, berikan susu secara rutin setiap 4 hingga 5 jam sekali. Menu ini bisa disesuaikan apabila bayi telah diberikan makanan pendamping yang padat. Bahkan Anda harus mengurangi jumlah susu formula secara perlahan sebab bayi sudah memiliki nutrisi cukup besar dari makanan padat.

Apakah Bayi Sudah Cukup Minum Susu Formula?

Setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, terkadang lebih cepat dan lebih lambat. Akan tetapi Anda bisa mengetahui apakah takaran susu formula bayi 0-3 bulan sudah cukup atau belum. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Timbang bayi

Kecukupan nutrisi yang seimbang dengan usia bayi akan menentukan perkembangan bayi secara signifikan. Apabila berat badan naik setiap bulan, dapat dipastikan bahwa kondisi tersebut menunjukan bayi memiliki nutrisi yang cukup. Begitu pun sebaliknya.

2. Lihat Kebiasaan Buang Air

Bayi dengan nutrisi yang cukup akan buang air besar maksimal sebanyak 4 kali dan buang air kecil sebanyak 6 kali sehari.

Perhatikan Kelebihan Memberi Susu Formula

Terdapat tanda-tanda yang bisa memberitahu Anda bahwa bayi terlalu banyak mendapatkan susu formula. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Banyak ludah, hal ini terjadi saat takaran susu formula bayi 0-3 bulan diberikan secara berlebihan dan belum masuk pada tahap tumbuhnya gigi yang mengakibatkan gatal pada bagian gusi.
  • Berat Badan Berlebihan, Anda patut waspada jika kenaikan badan bayi terjadi tanpa diimbangi dengan kenaikan tinggi badan. Dikhawatirkan bisa terjadi akibat kelebihan pemberian susu formula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.