Inilah Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan di Undip

UNIVERSITAS Diponegoro (Undip) telah menyiapkan sejumlah acara untum memperingayu  Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day Tahun 2011. Mengutip Sambutan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 menjadi “Hutan Penyangga Kehidupan”.

Makna utama dari tema ini, sebagaimana diberitakan undip.ac.id,  adalah hutan memiliki esensi sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan semua makhluk hidup lainnya di dunia. Fungsi itu dapat tercapai apabila hutan tetap terjaga kelestariannya.

Dalam rangka mengisi Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Progam Pascasarjana (Magister dan Doktor) Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro mengadakan serangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak bulan lalu. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan meliputi :

  1. Dialog Lingkungan di Radio Idola setiap Selasa sore pkl. 17.00-18.00 wib membahas permasalahan dan pengelolaan lingkungan dengan nara sumber Prof. Sudharto P. Hadi, MES. Ph.D, Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA, Dr. Dra. Hartuti Purnaweni, MPA.
  2. Sepeda Santai dilaksanakan pada Hari Minggu, bertepatan dengan Hari Lingkungan di Kampus UNDIP Tembalang. Undangan dan peserta diharap berkumpul pkl 06.00. Sepeda sanai akan dimulai pkl 06.30 wib diawali dari Halaman Gedung Seba Guna (GSG) depan pompa bensin mengambil rute keliling kampus UNDIP, menuju Banjarsari – Tirto Agung dan kembali ke tempat start. Peserta Sepeda Santai terdiri dari warga kampus UNDIP dan komunitas-komunitas pesepeda di Kota Semarang. Bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan doorprize yang menarik. Peserta tidak dipungut biaya.
  3. Semiloka “Pemanasan Global” bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Tengah direncanakan pelaksanaannya pada tanggal 16 Juni 2011. Pada semiloka ini akan mengundang para pihak yang terkait dengan pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup untuk membicarakan upaya-upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang diakibatkan oleh pemanasan global.
  4. Dialog dan Fasilitasi Masyarakat Pengelola Sampah Kota Semarang tanggal 18 Juni 2011 di Ruang Diskusi Gedung Pascasajana Universitas Diponegoro. Pada dialog ini Program Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan akan memfasilitasi pembentukan asosiasi Kelompok Masyarakat Pengelola Sampah yang ada di Kota Semarang. Bagi kelompok masayarakat pengelola sampah yang akan mengikuti dialog ini dipersilahkan menghubungi Panitia di Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.

Lebih lanjut Prof. Dr. Purwanto, DEA sebagai Ketua Program Magister Ilmu Lingkungan menambahkan bahwa Program Parcasarjana Ilmu Lingkungan juga mendukung Jambore Tanam Mangrove di Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang. Program Parsasarjana Ilmu Lingkungan telah melakukan penanaman 5.000 (lima ribu) bibit pohon bakau (mangrove) di lokasi jambore beberapa waktu lalu.  PortalSemarang.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.