Inilah 7 Kriteria Penilaian UGM untuk Menyeleksi Mahasiswa

Universitas Gajah Mada (UGM) akan menerima 50 persen mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015. Tahun 2014 lalu, UGM menggunakan tujuh kriteria penilaian untuk menyeleksi calon mahasiswanya.

Ketujuh kriteria tersebut adalah hasil nilai rapor, rangking sekolah, prestasi nonakademik, prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, track record sekolah, dan hasil UN.

UGM sendiri, tahun ini akan menerima mahasiswa baru melalui lima jalur seleksi. Selain SNMPTN, UGM juga menerima mahasiswa melalui SBMPTN, Jalur Seleksi Prestasi, Seleksi Ujian Tulis UGM, dan Seleksi Program Internasional.

Jalur Prestasi merupakan seleksi masuk UGM berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi non akademik lainnya. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2015 dapat memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana.

Seleksi Ujian Tulis (Utul) UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2014, dan 2013. Setiap peserta seleksi dapat memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Adapun Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM.

1 Comment

  1. Indah kusuma Tari

    February 15, 2015 at 11:07 pm

    Kalau hasil nilai raport itu kriterianya bgmna? Apakah harus nilai 8 keatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.