Inilah 11 Keterampilan yang Harus Dikuasai Manusia Masa Depan Agar Tidak Punah

Tidak ada yang tahu persis bentuk masa depan. Namun, para pembaca masa depan (futurolog) berupaya keras meramalkannya. Dengan membaca kondisi saat ini, mereka mencoba mengetahui kondisi di beberapa abad mendatang.

Futurolog Sohail Inayatullah dari Tamkang University Taiwan berteori, bentuk masa depan ditentukan oleh tiga hal. Pertama, beban sejarah. Kedua, ekspektasi manusia di masa yang akan datang. Ketiga, kondisi saat ini.

Nah, dengan meramalkan kondisi masa depan, para futurolog juga merekomendasikan sejumlah keterampilan yang wajib dikuasai manusia masa depan agar bisa tetap survive. Ini menjadi tanggung jawab manusia zaman sekarang untuk mengajarkannya kepada anak-anak.

1. Berenang

Pemanasan global kian parah. Jika kondisi itu terus berlangsung, pencairan kutub hanya menunggu waktu. Ketika itu terjadi, sebagian daratan akan tenggelam. Ini akan memaksa manusia hidup di atas permukaan air. Keterampilan berenang akan sangat diperlukan untuk survive.

2. Berlayar

Masih ada hubungannya dengan tenggelamnya daratan, transportasi paling bisa diandalkan adalah transportasi laut. Untuk menuju gugusan pulau yang satu dengan lain, kamu harus gunakan perahu. Persis seperti yang dilakukan Kevin Costner dalam Water World.

3. Bernegosiasi

Perang hampir selalu terjadi karena kesalahpahaman. Prasangka antara manusia satu dengan lainnya melahirkan hasrat saling memusnahkan. Bagi manusia modern saat ini, konflik sangat rawan terjadi, baik dalam urusan sosial maupun bisnis.

Kemungkinan ini dapat dikurangi jika orang-orang memiliki kemampuan berdiplomasi, bukan berdebat. Dua keterampilan itu berbeda. Jika berdebat selalu disertai motif ingin mengalahkan, bernegosiasi selalu disertai keinginan untuk menemukan titik temu. Win-win solution.

4. Bertani

Industri pertanian yang makin kapitalistik akan membuat bahan makanan menjadi komoditas yang sangat mahal. Rasio jumlah manusia dengan ketersediaan makanan akan semakin tidak seimbang akibat pertumbuhan penduduk. Kelak, untuk membeli bahan makanan pokok seperti beras, mungkin kamu harus mengeluaran separuh dari gajimu.

Kondisi ini perlu diatasi dengan merencanakan pertanian mandiri. Menghasilkan makanan untuk konsumsi sendiri adalah pilihan bijak. Tentu saja kamu juga harus berinovasi membuat media tanam yang efektif karena lahan akan habis ditutupi oleh aspal dan beton.

5. Pertukangan

Di masa yang akan datang, kota akan hancur. Ini memaksa manusia urban untuk tinggal di daerah suburban atau rural. Jika migrasi ini terjadi serentak, akan terjadi permintaan pembangunan rumah secara serentak pula. Keahlian bertukang akan sangat diperlukan.

6. Berkuda

Ketika kota hancur akibat eksploitasi terus menerus, manusia akan berpindah ke desa dan hutan. Tidak tersedia alat transportasi yang baik, baik kendaraan maupun jalan raya. Untuk beraktivitas manusia harus kembali pada moda transportasi lama: berkuda.

 7. Telepati

Para ilmuwan sudah menemukan cara agar pikiran satu dengan pikiran lain dapat terkoneksi tanpa menggunakan alat komunikasi. Oleh masyarakat awam ini disebut telepati. Keahlian ini perlu diajarkan kepada anak-anak ketika satelit yang dimiliki manusia modern saat ini rusak total akibat meteor.

 8. Mengenali Kebohongan

Berbohong adalah selalu perbuatan yang buruk. Namun anehnya, kebohongan terus menerus diproduksi – bahkan oleh orang-orang yang memperingatkan bahaya kebohongan. Para futurology meramlakna, kecenderungan manusia untuk berbohong akan terus menajdi di masa depan. Karena itulah kamu perlu mengajarkan kepada anak-anakmu mengenali kebohongan.

Ilmu semacam ini sebenarnya telah mulai dikembangkan pada era Romawi Kuno. Keahlian ini penting, terutama, digunakan dalam bidang politik dan perdagangan.

9. Memasak

Manusia masa depan adalah manusia individualis. Kelak, orang tidak akan saling menawarkan makanan satu sama lain meski mereka hidup bertetangga. Keteramilan memasak diperlukan agar dalam kondisi kritis, seseroang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

10. Mendekati Lawan Jenis

Kenapa di negara-negara maju orang-orang melajang hingga di atas 30 tahun? Bukan hanya karena mereka terlalu sibuk kerja, tapi juga karena mereka kesulitan mengungkapkan perasaan kepada lawan jenis. Kehidupan serba moder ternyata mengurangi sense of love. Jika ini terjadi terus menerus, orang-orang akan memutuskan melajang seumur hidup.

 11. Berpuasa

Ada seroang futurology yang meramalka, abad 21 akan terjadi perang besar. Ini mungkin terjadi antara Amerika dengan Rusia atau pihak lain. Jika situasi chaos itu terjadi, kita akan kembali pada awal abad 20 di mana terjadi perang dunia. Pada masa itu, seseroang harus bertahan dengan stok bahan makanan yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.