Ikuti UN Model, 4 Mahasiswa Unnes ke Harvard

SEBANYAK 4 mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang, berkunjung ke Harvard University. Mereka bertolak dari universitas konservasi, Selasa (14/2) siang.

Keempat mahasiswa itu adalah Diana Purwaningrum, Mustika Aji, Thohiryah, dan Wuri Kusuma. Kesemuanya merupakan mahasiswa semester 8.

“Kami akan mengikuti serangkaian kegiatan Harvard National Model of United Nation (HNMUN) 2012,” kata Diana.

Dia mengungkapkan, HNMUN merupakan kompetisi Model United Nations atau Simulasi Persidangan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang diselenggarakan oleh Harvard University, dengan mengikutsertakan lebih dari 3.000 delegasi dari seluruh dunia.

“Dalam kegiatan ini, peserta berperan sebagai delegasi PBB yang mewakili negara tertentu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 16-19 Februari  mendatang di Boston Park Plaza, Boston Amerika Serikat,” papar ketua delegasi itu.

Selain Unnes, akan bertandang pula universitas lain dari dalam negeri yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Parahyangan.

Para delegasi akan membaur bersama mahasiswa lain dari berbagai universitas terbaik di dunia, seperti Oxford University, Cambridge, Yale, MIT, NUS, dan lainnya. Kegiatan yang diikuti delegasi dari 37 negara itu merupakan ke-57.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Dr Masrukhi mengungkapkan, tiap tahun HNMUN menghasilkan solusi yang berani dan kreatif untuk mengatasi beberapa isu global.

“Sebagai delegasi yang terlibat dalam diskusi dan diplomasi, keterampilan mereka dalam meneliti, menulis, negosiasi, dan berbicara di depan umum akan diuji,” tandasnya.

“Selain itu kegiatan yang juga beragendakan pertukaran budaya antardelegasi ini saya harap dapat memperkuat hubungan positif antarbangsa, terlebih membawa gaung universitas konservasi ke khalayak Internasional,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.