Ikut SNMPTN? Inilah Jadwal dan Persiapan yang Harus Anda Lakukan…

Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akan digelar. SNMPTN hendak memberi akses kepada seluruh siswa di Indonesia melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Seleksi SNMPTN 2013 dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya. Peserta SNMPTN dapat memilih ratusan program studi  di 61 PTN se-Indonesia.

Apa yang harus Anda siapkan unutk menghadapi SNMPTN?

Bagi sekolah, pastikan sekolah Anda terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2013. Sebab, hanya sekolah ini yang berhak mengirim siswanya.Sekolah tetap dilibatkan dengan merekomendasikan siswanya karena diyakini dapat menunjung tinggi kehormatan dan kejujuran.

Untuk mengisi PDSS, kepala kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman www.pdss.snmptn.ac.id. Setelah itu kepala sekolah akan mendapatkan password setiap siswa yang nanti akan digunakan untuk melakukan verifikasi.

Bagi siswa, pastikan Anda tercantum di PDSS. Sebab, hanya siswa  yang rekam jejak akademiknya tercatat di PDSS yang berhak mengikuti SNMPTN. Siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS.

Siswa memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah. Siswa juga harus memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak akademik yang diisikan kepala sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan kepala sekolah.Jika siswa tidak melakukan verifikasi, data akademik yang diisikan kepala sekolah diaggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Inilah jadwal SNMPTN 2013 yang perlu Anda catat.

Pengisian PDSS:
17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara  berkala setiap semester.

Pendaftaran:
1 Februrai – 8 Maret 2012

Proses seleksi:
9 Maret – 27 Mei 2013

Pengumuman Hasil Seleksi:
28 Maret 2013

Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi:
11-12 Juni 2013.

Bidik Misi

Siswa yang akan melanjutkan studi tapi terkendala biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Bidikmisi. Penerima beasiswa Bidikmisi akan memperoleh bantuan biaya studi dan biaya hidup selama studi. Persyarataran penerima beasiswa Bidikmisi akan diatur sendiri dan dapat diakses melalui  laman www.bidikmisi.dikti.go.id.

Semoga sukses mengikuti SNMPTN…

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.