IKIP PGRI Gelar Ekspo Banyumanik

MAHASISWA IKIP PGRI Semarang menggelar Ekxpo Banyumanik di kantor Kecamatan Banyumanik, Jalan Prof. Soedarto 116 Semarang, Sabtu (17/3) kemarin. Acara yang memamerkan 11 stand dari 11 kelurahan ini menampilkan berbagai hasil usaha masyarakat Banyumanik mulai dari minuman khas bejigur hingga susu khas Banyumanik.

Selain memamerkan berbagai pruduk undustri kecil juga diselenggarakn lomba mewarnai untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Muhdi bercerita bahwa sejak delapan tahun lalu IKIP PGRI Semarang baru berkonsentari menempatkan mahasiswanya untuk berKKN di Kota Semarang.

Camat Banyumanik Sutrisno SE berharap, melalui acara ini potensi-potensi masyarakat dapat terangkat. “Saya berharab nantinya minuman khas Banyumanik Bajigur dapat menjadi minuman khas Kota Semarang. Jika sekarang Semarang sudah memiliki makanan khas seperti bakpia, lumpia, nantinya minuman bajiur akan menambah khasanah kekayaan Kota Semarang,” terang Sutrisno.

Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi SH MHum dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa expo kali ini selain diniatkan sebagai sarana silaturahmu antara IKIP PGRI Semarang dengan masyarakat Banyumanik juga diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Sejak delapan tahun lalu, kata Muhid, seusai berdiskusi dengan walikota, waktu itu Sukawi Sutarib, disepakati penempatan KKN di Kota Semarang. Setelah dipelajari menurut Muhdi ternyata banyak hal yang masih dapat dilakukan untuk mengembangkan Ibukota Jawa Tengah ini.

“Apalagi setelah bekerjasama dengan Yayasan Damandiri, pengembangan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) digalakkan,” tambah Muhdi.

Drs Sudargo MSi, Kepala Pusat KKN IKIP PGRI Semarang menyampaikan bahwa sekarang ini telah terbentuk 85 Posdaya yang telah mendapat SK. “Kami menargetkan 100 Posdaya hingga akhir KKN nanti. Setelah KKN selesai, agar Posdaya tidak berhenti akan ada dua mahasiswa dalam satu kelurahan yang akan terus melakukan pendampingan,” tutup Sudargo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.